Anggota DPRD TTU Ajak Warga Manfaatkan Lahan Tidur Tanam Jagung

  • Bagikan

TimorBerita, Kefamenanu – Anggota DPRD TTU Hilarius Ato dan Kepala Bidang Jamsostek, Hubungan Industrial Dinas Nakertrans Jedith Kapitan bersama sekelompok warga di Kelurahan Maubeli Kecamatan Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara memanfaatkan lahan kosong untuk menanam jagung.

Areal lahan pertanian yang cukup luas dimanfaatkan dua pejabat publik untuk menanam jagung usai musim hujan.

Pantauan media ini nampak tanaman jagung umurnya bervariasi, hasil panenan jagung diatur dalam waktu yang berbeda untuk menjawabi permintaan pasar di seputaran kota Kefamenanu.

Bukan hanya itu di sekitaran lahan itu juga terdapat areal lahan yang di manfaatkan khusus untuk menanam kacang kacangan dan sayuran.

Baca Juga:  Dua Tahun Stroke, Divonis Covid Keluarga Protes RS Leona

” Kita lahir dari keluarga petani maka akan ada kenikmatan tersendiri. Di sela-sela kesibukan kita masih menyisakan waktu untuk mengurus pertanian,” ujar Wakil rakyat Hilarius Ato, saat ditemui Kamis, 9 Mei 2022.

Hilarius menambahkan pendampingan petani di wilayah kota Kefamenanu juga bermakna untuk mengenang orang tua yang sudah tiada yang sejak dulu berprofesi sebagai petani mengajarkan untuk tekun kerja kebun. Juga untuk
menyalurkan hoby berkebun yang ada nilai ekonominya apalagi sudah terbukti di ditekuni enam tahun belakangan ini.

Baca Juga:  Bersih-bersih, 60 Warga Tanjung Priok Ikuti Program Padat Karya

“Nilai ekonomi yang sudah kita nikmati dan rasakan selama 6 kali panen ini kita dapat uang yang lumayan baik penghasilannya dan mampu. Penghasilan ini bisa menekan kebutuhan rumah tangga dan urusan keluarga lainnya,” ujar Hilarius yang juga Sekretaris DPD Partai Hanura TTU.

Hilarius menambahkan bahwa pertanian ini sangat menjanjikan kalau dilihat dari nilai ekonomisnya. Lahan yang digunakan itu ada dua. Satunya khusus untuk menanam jagung sedangkan satunya khusus untuk menanam kacang panjang dan sayur.

Baca Juga:  Kepala Sekolah SDI Ndora Nagekeo Tewas Ditikam Orang Tua Siswa

“Jadi lahan yang besar ini bisa dapat sampai belasan juta. Tahun lalu itu kita dapat sampai 19 juta. Ya lumayan penghasilan dari panen jagung,”tambahnya.

Politisi Partai Hanura itu mengakui jika kelompok mereka itu banyak manfaatnya terlepas dari nilai ekonomis.

“Jadi kita punya kelompok itu banyak manfaatnya. Contohnya kemarin kami punya anggota dapat pelayanan dari pihak bank untuk kur dan objek survey adalah lahan ini dan jaminan juga lahan ini. Kami pastikan untuk pembayaran angsuran pasti menggunakan hasil jual jagung ini,”jelasnya.

  • Bagikan