Ajang Pameran Oekusi, Dongkrak Ekonomia dan Hibur Warga

  • Bagikan

TimorBerita. Oekusi Ambeno- Pemerintah Autoritas Oekusi, Negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) menggelar pameran pembangunan daerah, selama tiga pekan. Terhitung sejak 10 November hingga 29 Novemer 2020.

Kegiatan pameran diikuti berbagai pertunjukan, dalam rangka memperingati hari Pemuda 12 November dan hari Kemerdekaan Unilatetal RDTL 28 November.

Pantauan wartawan TimorBerita.Com, digelarnya pameran daerah yang berlangsung tiga pekan sebagai ajang untuk menghibur masyarakat.

Dan dan lebih dari itu untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat agar memamerkan hasil usaha pertanian, kerajinan dan usaha lainnya.

Sejumlah pertunjukan seperti lomba festival budaya pakaian tradisional, fashion show, tarian tradisional dan modern. Panggung kesenian untuk artis lokal, bahkan sejumlah artis papan atas dari Kota Dili juga diundang untuk menghibur masyarakat Ambeno.

Baca Juga:  Tiga Hari Buka Pendaftaran KPU TTU Minta Paslon Siapkan Berkas

Ada pula pertandingan olahraga jenis bola kaki antara sub distrik yang diikuti 24 klub. Pertandingan futsal, volly basket dan bulutangkis yang diikuti antara instansi pemerintah daerah.

President’s Autoritas Oekusi RDTL, Arsenio Paixao Bano, saat membuka kegiatan ini Pa

mengatakan Pameran Daerah ini sangat membantu masyarakat untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Melalui berbagai hasil usaha dan ketrampilan yang dipasarkan. Selain itu menghibur masyarakat dengan berbagai pertunjukan kesenian, olahraga dan lainnya.

Untuk itu Arsenio mengajak masyarakat masyarakat enclave agar bersatu padu, semangat dan tekun kerja membangun Oekusi. Pembangunan daerah maju karena dukungan komponen masyarakat, bukan hanya pemerintah saja.

Baca Juga:  Badai Seroja 34 Warga Timor Leste meninggal, Lain Hilang

” Mari kita bersama bahu membahu untuk membangun daerah kita Oekusi Ambeno. Jangan berpangku tangan. Karena Oekusi sangat membutuhkan sentuhan tangan kita,” ujarnya.

Menurut Arsenio kondisi daerah, negara bahkan dunia saat sekarang diperhadapkan dengan kasus pandemik Covid-19. Sehingga menjadi tanggungjawab bersama mendukung pemerintah agar tidak terjadi penyebaran di daerah Ambeno.

Ia mengimbau semua masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, selalu waspada dan jangan panik. Memantau warga yang melakukan perjalanan terutama dari zona merah dan melintas masuk melalui jalur ilegal. Daerah Oekusi harus dijaga agar tidak menyebar pandemik Covid.

” Kita harus menghindari dan menjaga hubungan sosial. Terutama di pintu perbatasan,” tandasnya.

Baca Juga:  Ditahan Polisi,Tersangka Pidana Pilkada Belu Dijemput Keluarga dan Massa Aksi

Lanjut Arsenio apabila Oekusi bebas dari Covid-19 tentunya acara hiburan kesenian dan pameran seperti ini akan rutin dilakukan setiap tahunnya. Sebab melalui pameran ini sebagai salah satu solusi untuk membangun kembali ekonomia rumah tangga masyakat.

Ia menjelaskan dengan berlangsungnya kegiatan pameran selama tiga pekan. Tentunya menjadi peluang masyarakat khususnya di pedesaan bisa memamerkan hasil usaha pertanian dan ketrampilannya. Sehingga diharapkan masyarakat untuk bekerja menciptakan peluang usaha untuk menata hidup dan meningkatkan ekonomia keluarganya.

” Pameran ini juga bagian dari hiburan dan dorongan masyarakat agar lebih giat dan semangat meningkatkan usaha dan ketrampilanya. (A’no/ Gio)

  • Bagikan