Anggota Bawaslu RI Kunjungi Perbatasan RI-RDTL, Apresiasi Pengawas Pilkada Malaka

  • Bagikan

TimorBerita. Betun || Anggota Bawaslu Republik Indonesia Devisi Hukum Fritz Edward Siregar, SH.,LLM.,PhD berkunjung di Kabupaten Malaka, Perbatasan negara RI-Timor Leste, pada Jumat, 19/3/2021.

Kehadiran Anggota Komisioner Bawaslu Pusat ini untuk melakukan evaluasi kembali pengawasan tahapan pilkada kabupaten Malaka tahun 2020. Juga untuk memberikan apresiasi atas kerja keras yang telah dilakukan jajaran pengawas Bawaslu Kabupaten hingga pengawas tingkat TPS.

Saat tiba rombongan Bawaslu RI disambut adat, tepatnya di halaman Hotel Cinta Damai Betun, dan penyamatan destar oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Malaka, Petrus Nahak Manek.

Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar mengaku bangga dan senang bisa berkunjung di Malaka daerah perbatasan negara. Tahun sebelumnya sudah mengagendakan untuk berkunjung tetapi tidak terwujud, sehingga baru tahun ini terealisasi.

Baca Juga:  Sambangi Kemendes PDTT, Bupati dan Wabup Malaka Jadi Spesial

Kehadirannya untuk tatap muka bersama Bawaslu dan jajarannya serta memberikan apresiasi terhadap kerja keras yang sudah dilakukan selama Pilkada tahun 2020. Bawaslu RI juga memberikan penghargaan berupa sertifikat kepada anggota Bawaslu dan jajarannya.

Fritz mengatakan hasil putusan MK sudah diketahui bersama sehingga semua harus menghargai dan mematuhi keputusan itu. Terkait jadwal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih tentunya menunggu saja penetapan KPU untuk dikirimkan kepada Mendagri untuk dijadwalkan pelantikannya oleh Gubernur.

Baca Juga:  TTU, Banyak Mantan Kades Bakal Gagal Maju pada Pilkades

Sementara itu Ketua Bawaslu Malaka, Petrus Nahak Manek mengatakan sangat senang bangga bisa dikunjungi komisioner Bawaslu RI. Momentum ini bisa memberikan dampak besar melalui evaluasi tahapan Pilkada memberikan sumbangsih besar agar kedepannya jauh lebih baik dalam menghadapi Pilkada dan pemilu kedepannya.

” Terimakasih kepada Bawaslu RI Bapak Fritz bersama rombongan yang sudah di tiba di rai Malaka, Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Negara RDTL dan Australia,” tandas Petrus yang biasa di sapa Piter Rai Besi.

Ia mengatakan tahapan penyelenggaraan pengawasan Pilkada 2020 mulai dari awal hingga akhir berjalan baik, sukses dan lancar. Untuk Divisi Hukum penanganan pelanggaran dan sengketa semuanya ada. Sengketa ada PHP di MK. Pelanggaran pidana yang berhasil sampai putusan pengadilan satu kasus money politik.

Baca Juga:  Andina W. Kebo Resmi Ganti Frengky Saunoah Jadi Anggota DPRD TTU

Sedangkan pelanggaran adminisrasi direkomendasikan 15 oknum ASN kepada KASN. Tetapi sampai saat ini belum dapat jawaban.

Sekedar tahu, sebelum bergegas ke Kabupaten Malaka, anggota Bawaslu RI melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Belu Kamis (18/3/2021). Kegiatan serupa melakukan evaluasi tahapan Pilkada dan memberikan penghargaan kepada anggota Bawaslu Belu dan jajaranya. (chiles/ gio)

  • Bagikan
error: Content is protected !!