Anggota DPRD dan Pemerintah Sukseskan Sidang  III Untuk Kebaikan Masyarakat Belu

  • Bagikan

Timorberita. Atambua –  Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan RAPBD Kabupaten Belu Tahun Anggaran 2021, mulai digelar di Ruang Sidang Utama DPRD Belu, Rabu (4/11/2020).

Rapat pembukaan sidang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Belu Belu, Jeremias Manek Seran Junior. Dan dihadiri Pjs Bupati Belu Zakarias Moruk, Penjabat Sekda Belu Frans Manafe, dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten Belu.

Ketua DPRD Belu Jeremias Manek Seran Junior, dalam pidatonya mengatakan berpedoman pada Keputusan Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Belu Nomor 10 Tahun 2020, tanggal 27 Oktober 2020 tentang waktu dan acara sidang DPRD Kabupaten Belu di mulai 4 November dan direncanakan akan berakhir pada tanggal 4 Desember mendatang.

Baca Juga:  Sabet Medali PON Papua, GOR Tipe A Belu Siap Dibangun Dukung Prestasi Atlit

Dalam masa sidang ini lanjut Jeremias, akan dibahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Belu tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Belu Tahun Anggaran 2021.

Selain itu ada juga 1 (satu) Ranperda Inisiatif tentang Penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

Dikatakan selaku Pimpinan DPRD Belu mengajak semua Anggota DPRD pada masa sidang ini, untuk menjalankan tugas konstitusional yang diamanatkan untuk wakil rakat.

Pemerintah Kabupaten Belu juga mengajak agar bersama seluruh jajarannya bekerja cepat, tepat dan tuntas, sehingga bila ada kendala dalam proses pembahasan RAPBD Kabupaten Belu Tahun Anggaran 2021, sedapat mungkin bisa diselesaikan tepat waktu.

Baca Juga:  Wakil Rakyat Belu Banting Kursi dan Lempar Mikrofon Jadi Tontonan Bupati dan Masyarakat

Sementara Pjs Bupati Belu Zakarias Moruk meminta dukungan dari seluruh Pimpinan dan Anggota DPRD pada pembahasan di tingkat komisi, di tingkat banggar bisa menemukan yang terbaik untuk masyarakat Kabupaten Belu. Dalam rangka menjawab seluruh kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang menjadi harapan bersama.

“Kita terus mendorong agar Kabupaten Belu menjadi Kabupaten yang maju, berkualitas, demokratis dan berbudaya,” sebutnya.

Zakarias mengatakan pembahasan RAPBD Tahun Anggaran 2021 di Kabupaten Belu merupakan pembahasan tahun ke lima pelaksanaan RPJMD Kabupaten Belu Tahun 2016 – 2021.

Baca Juga:  Pansel Tetapkan Tiga Nama Calon Sekda Belu Defenitif

Sehingga diharapkan rancangan APBD Tahun Anggaran 2021 yang akan disampaikan pada sidang ini merujuk pada evaluasi terkait dengan RPJMD Kabupaten Belu Tahun 2016 – 2021.

Ia juga mengajak semua Pimpinan Perangkat Daerah dan Anggota DPRD, agar pembahasannya berpedoman pada dokumen dan regulasi yang telah ditetapkan. Konsistensi perencanaan dan konsisten anggaran menjadi perhatian bersama.

Karena mengikuti beberapa tahun dalam evaluasi APBD Kabupaten / Kota, ditemukan adanya tidak konsistensi antara RKPD, KUA PPAS dan RAPBD.

“Kita harap dalam pembahasan RAPBD Tahun Anggaran 2021 ini, dapat kita tuntaskan,” tandas Kepala Badan Keuangan Setda Provinsi NTT. (Ren)

  • Bagikan
error: Content is protected !!