Bandara Kabir Alor Diresmikan, Maret Penerbangan Kupang Pantar

  • Bagikan

TimorBerita. Alor –Bandara Kabir di Pulau Pantar Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur, secara teknis sudah siap beroperasi.

Dijadwalkan setelah pengresmian akan membuka rute penerbangan Kupang – Pantar pada Maret atau April tahun depan. Bandara Kabir Pantar ukuran panjang landasan 900 meter akan didarati pesawat jenis carafan.

Bandara ini merupakan bandara perintis. Sehingga rutenya tidak bisa menyinggahi Bandara Mali yang merupakan bandara komersial.

Kepala Kantor Bandara Mali Alor, Suharmadjie saat dikonfirmasi, Rabu (11/11/2020) menjelaskan Bandara Kabir Pantar atau bandara kedua di Kabupaten Alor secara teknis sudah siap diresmikan untuk dioperasionalkan.

Baca Juga:  Sertifikasi Guru Bulan Desember Belum Cair, Begini Penjelasan Kadis PK Belu

Targetnya penerbangan perdana akan dimulai tahun depan. Sekitar bulan Maret atau April rute penerbangan Kupang-Pantar.

Suharmadjie menuturkan
untuk masalah lahan di kawasan Bandara Pantar sudah tuntas, tidak ada hambatan. Sehingga dipastikan jadwal operasional Bandara kedua di Kabupaten Alor ini segera diresmikan.

Ia menjelaskan Bandara Kabir Pantar sudah siap fasilitas listrik dan lahan sudah dituntaskan sehingga siap diresmikan.

Tentunya kehadiran Bandara ini sangat membantu melayani masyarakat di pulau Pantar dalam bidang transportasi udara.

” Secara teknis semua sudah beres. Kita tunggu saja penyampaian jadwal peresmian dari protokol Istana,” tandas Suharmadjie.

Baca Juga:  Jaksa Tuntut 10 Tahun, Terdakwa Muhamad Ruslan Mohon Bebas

Kepala Kantor Bandara Mali Alor ini menambahkan terkait rencana peresmian Bandara Kabir Pantar akan bersamaan dengan peresmian 5 Bandara baru dan 2 terminal bandara lainnya.

“Peresmian Bandara Pantar dijadwalkan tanggal 10 November kemarin tetapi di tunda,” ujarnya.

Menurut Suharmadjie pergeseran jadwal peresmian tersebut karena
Presiden Joko Widodo harus memimpin Upacara Hari Pahlawan di Kalibata,
tanggal 10 November.

Meski begitu Suharmadjie menuturkan sudah ada informasi dari Protokol Istana, ditunda lagi peresmiannya hingga pekan depan. Namun jadwal yang pasti belum disampaikan.

Menurut Suharmadjie, peresmian bandara Pantar bersama dengan 5 bandara baru lainnya, yang terpusat di Tanah Toraja Sulawesi Selatan.
Peresmiannya akan dilakukan secara virtual. Sehingga peralatannya sudah stay terpasang.

Baca Juga:  Berhasil Panen Air Hujan, Agus Maryono Raih Penghargaan Paten Terbaik

” Kemarin kita ujicoba di Bandara Pantar, namun jaringannya tidak kuat. Sehingga Bupati minta virtual peresmiannya dari Kantor Bupati,” ujarnya.

Lantaran ada penundaan, kata Suharmadjie sehingga pihaknya akan melakukan komunikasi lagi dengan pihak telkomsel untuk memperkuat jaringan di Bandara Pantar, biar peresmiannya bisa langsung dari lokasi.

Tetapi jika hasil jaringannya tetap lambat, maka peresmian lewat virtual ini akan tetap digelar dari Kantor Bupati Alor. (ina/tim)

  • Bagikan
error: Content is protected !!