Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Belu 850 Unit

  • Bagikan

ATAMBUA, Timorberita.com —Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahap Tahun 2020 alokasinya sebanyak 4.400 unit jatah untuk Provinsi NTT. Alokasinya Kabupaten Belu mendapatkan jatah paling banyak jumlahnya 850 unit. Saat ini sosialisasi realisasi tahap II.

Hal ini disampaikan Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Wilayah Nusa Tenggara II, Yublina D. Bunga Selasa (8/9/2020) di Gedung Batelalenok, Atambua, saat melakukan sosialisasi  untuk 150 warga penerima manfaat pembangunan rumah bantuan BSPS Tahap II Tahun 2020.

Ia menjelaskan program BSPS merupakan bantuan dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Swadaya Wilayah Nusa Tenggara II.

Baca Juga:  Pjs Bupati Belu Zaka Moruk Senin Mulai Berkantor

“Ini realisasi tahap II jumlah alokasinya 150 unit. Kalau jumlah untuk Belu sebanyak 850 unit,” sebutnya.

Dia menjelaskan realisasi BSPS tahap II sebanyak sebanyak 150 unit yang tersebar di tiga kelurahan di Kecamatan Atambua Barat. Tiga kelurahan yakni Beirafu, Umanen, dan Bardao. Setiap penerima bantuan perumahan mendapatkan bantuan senilai Rp17,5 juta.

Menurut Yublina menambahkan perhatian pemerintah dalam program penyedian rumah BSPS untuk kabupaten Belu jumlahnya paling banyak. Ia harap pelaksana teknis dan fasilitator untuk memperhatikan pelaksanaannya agar sesuai petunjuk teknis.

Baca Juga:  Nasib Imigran Afganistan "Gelap" Pemprov NTT Cari Solusi Terbaik

Seperti kriteria rumah layak huni dari aspek keselamatan bangunan atau konstruksi yang tepat, standar kesehatan, dan kecukupan ruang ukuran tipe 36.

“Penerima bantuan BSPS kita harap memanfaatkan bantuan perumahan pengerjannya harus tuntas tahun ini. Hasil yang baik tentu sangat menentukan lanjutan program BSPS ini,” ujarnya.

Sementara Penjabat Sekda Belu, Marsel Mau Meta saat membuka kegiatan sosialisasi penerima BSPS tahap II menyampaikan terima kasih untuk pemerintah pusat yang sudah memperhatikan masyarakat Belu.

Tentunya dengan program BSPS membantu mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Belu.

“Tentu kita akan memperhatikan pelaksanaan program BSPS agar hasilnya tidak mengecewakan,” sebutnya.

Baca Juga:  Longsor di Kota Kupang Renggut Dua Nyawa Suami Isteri

Ia meminta masyarakat penerima manfaat program BSPS agar memanfaatkan bantuan pemerintah. Pelaksanaannya berjalan lancar sesuai juknis dan selesai tepat waktu.

Sementara Lurah Umanen, Raymundus Mau, mengatakan pelaksanaan BSPS dikelurahannya tidak ada masalah. Untuk tahap I di kelurahannya mendapat 64 unit dan progres pengerjaanya sudah mencapai 80 persen.

“Ada yang sudah rampung. Ada yang sementara atap. Tidak ada masalah dilapangan,” sebutnya.

Untuk tahap II lanjut Raymundus warga di kelurahannya mendapat 50 unit. Sehingga Ia optimis pelaksanaan sesuai juknis dan selesai selesai sesuai target. (rent)

 

  • Bagikan