Begini Janji Bupati Belu Saat Kunker di Desa Silawan  

  • Bagikan

TimorBerita. AtambuaBupati Belu Wilybrodus Lay kembali melakukan kunjungan kerjanya di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kamis (6/8/2020).

Kunker orang nomor wahid di Belu didampingi sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Kabupaten Belu. Kesempatan itu Bupati berdialog bersama masyarakat terkait berbagai persoalan yang di alami masyarakat dalam berbagai bidang.

Yakni bidang pendidikan, pertanian, peternakan, pariwisata dan administrasi kependudukan.

Di bidang pendidikan masyarakat meminta agar memberikan ijin operasional resmi kepada sekolah kelas jauh SD Inpres Motaain, dan Paud Merah Putih di Kampung Jokowi Desa Silawan diresmikan Gubernur NTT.

Baca Juga:  Salurkan Bantuan JPS Untuk Tiga Kelurahan, Bupati Belu Minta Maaf

Masyarakat meminta Bupati agar memperhatikan nasib para guru-guru komite sehingga status dan upahnya berimbang dengan kewajibannya sebagai pendidik. Sedangkan bidang pertanian masyarakat meminta pemerintah untuk memberikan bantuan teknologi agar membuka lahan baru.

Menanggapi persoalan yang di hadapi masyarakat di Desa Silawan, Bupati Wily memberikan kesempatan kepada masin-masing perwakilan OPD menanggapi keluhan masyarakat sesuai tupoksi OPD masing – masing agar bisa ditindalanjuti.

Berkaitan dengan ijin operasional sekolah, Pemerintah meminta agar segera melengkapi persyaratan administratif sehingga diproses lebih lanjut oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu. Sedangkan keluhan guru komite agar dioptimalkan keuangan sekolah yang ada, sambil diupayakan solusi lain sesuai kemampuan daerah.

Baca Juga:  Tembus Tanjakan Willy Lay dan J-T.Ose Luan Diterima KPU

Sementara itu, permintaan alat bantu untuk pembukaan lahan baru agar aparat desa menyampaikan surat permohonan kepada Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belu, dan akan ditindaklanjuti oleh bidang terkait.

Selain itu, keluhan masyarakat akan administrasi kependudukan, maka Disdukcapil akan terus menggiatkan pelayanan adminiatrasi kependudukan keliling ke desa-desa. Sehingga masyarakat secara langsung mengurus administrasi kependudukan yang dibutuhkan masyarakat.

Sementara Kepala Desa Silawan  Fernandes Kali dalam sambutannya mengatakan sesuai data keadaan penduduk dan kondisi fasilitas sarana pendidikan di Desa Silawan.  Jumlah penduduk sebanyak 3.787 jiwa, jumlah KK sebanyak 984 KK, Perangkat Desa Silawan 16 orang yang terdiri dari 10 dusun, 3 Kepala seksi dan 3 Kaur.

Baca Juga:  Pastikan Bantuan Rp 2.6 miliar Untuk Belu, Ansi Lema Bertemu 13 Kelompok Tani

Menurut Fernandes jumlah aparatur Rukun Tenngga (RT) sebanyak 27 orang, ketua RW 10 orang, BPD 7 orang, PKK 26 orang, Kader Posyandu 40 orang, Tutor PAUD 12 orang dan anggota Linmas sebanyak 22 orang.

” Itulah data keadaan di desa Silawan. Besar harapan semoga melalui kunjungan kerja pemerintah kabupaten bisa mengatasi keluhan masyarakat,” ujarnya. (Ren/ Gio)

  • Bagikan