Begini Pengakuan Wawali Kota Kupang Dihadapan Majelis Hakim Tipikor

  • Bagikan

TimorBerita. Kupang –Perkara dugaan korupsi bagi – bagi tanah Pemerintah Kota Kupang tahun 2016 – 2017, dengan terdakwa Jonas Salean mantan Walikota Kupang kembali dilanjutkan.

Sidang yang digelar Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang, kembali digelar Senin(14/12/2020). Sidang dipimpin majelis hakim, Dju Jhonson Mira Mangngi, dengan agenda pemeriksaan Wakil Walikota Kupang, Hermanus Man.

Hermanus di hadirkan dalam sidang sebagai saksi salah satu penerima tanah Kapling dari terdakwa Jonas Salean.

Menariknya didalam ruang sidang Pengadilan Tipikor Kupang, saksi Hermanus Man menuturkan dirinya telah bersumpah tidak mungkin berbohong.

Baca Juga:  Kasus Bank NTT Cabang Surabaya, Siswanto 8 Tahun, Ilham 10 Tahun 6 Bulan

Lebih dari tiga kali Hermanus Man menyebut dirinya telah disumpah dalam persidangan untuk diambil keterangannya.

“Yang mulia, saya sudah disumpah jadi tidak mungkin berbohong,” ujar Hermanus Man.

Ucapan saksi, Hermanus Man selalu diulang – ulang ketika ditanya oleh ketua majelis hakim, Dju Jhonson Mira Mangngi.

Dalam keterangannya, saksi mengatakan bahwa tidak pernah tahu dan tidak pernah lihat serta tidak menunjuk batas tanah kapling yang dibagikan oleh terdakwa.

Baca Juga:  Gubernur NTT Sembuh Dari Covid-19, Sabtu Tiba di Kupang

“Saya sudah sudah bersumpah yang mulia. Saya tidak tahu tanahnya dibagian mana, tidak lihat tanahnya dimana dan bukan saya yang menunjuk batasnya,” kata saksi.

Meski begitu sesuai bukti yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum, Hendrik Tiip, Herry C. Franklin dan Emerensiana Jehamat menunjukan bahwa saksi Hermanus Man yang menunjuk batas tanah serta menandatangani sertifikat yang diterbitkan oleh BPN Kota Kupang.

Namun, Hermanus Man dengan tegas membantah hal itu. Dirinya hanya menandatangani surat pengajuan permohonan pembuatan sertifikat. Sedangkan soal batas – batas tanah bukan ditunjuk oleh dirinya.

Baca Juga:  Tokoh Adat Laenman Dukung SN - KT, Begini Alasannya

Sidang dengan agenda pemeriksaan saksi itu dipimpin oleh majelis hakim, Dju Jhonson Mira Mangngi, S. H, MH didampingi hakim anggota Ari Prabowo dan Ibnu Kholiq.

Terdakwa Jonas Salean didampingi kuasa hukumnya, D Yanto MP. Ekon, Mel Ndaomanu, Turut hadir JPU, Hendrik Tiip, Herry C. Franklin dan Emerensiana Jehamat. (Red/ Gio)

  • Bagikan
error: Content is protected !!