Belu Kembali Zona Hijau, Warga Diimbau Tetap Waspada

  • Bagikan

TimorBerita. Atambua || Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur kembali berstatus zona hijau. Satuan gugus tugas (Satgus) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belu, merilis bahwa 12 pasien yang terkonfirmasi terakhir semuanya sembuh, sehingga jumlah terkonfirmasi kembali nihil.

Laporan data terakhir yang dirilis Satgus Belu, Rabu 17 Maret 2021, jumlah yang terkonfirmasi sebanyak 232 kasus. Pasien yang sembuh 216 Kasus, meningga 10 kasus dan jumlah terkonfirmasi nihil. Jumlah yang terkonfirmasi berbeda dari sehari sebelumnya yang merilis bahwa terdapat 12 kasus terkonfirmasi Covid.

” Sekarang Belu kembali ke zona hijau. Pengalaman selama ini harus jadi pembelajaran berharga. Walau sudah hijau tetapi kita tidak boleh lengah,” ujar Juru Bicara Satgus Belu Christoforus M. Loe Mau, saat dikonfirmasi Jumat (19/3/2021).

Baca Juga:  Belu Darurat Covid-19, Dua Rumah Sakit dan Satu Puskesmas Ditutup

Mantan Camat Lamaknen menuturkan perubahan status ini tak lepas dari upaya pemerintah dan masyarakat Belu, untuk memutus rantai penyebaran pandemi di kabupaten perbatasan dengan negara Timor Leste ini.

Dikatakan, untuk mempertahankan status zona hijau, masyarakat tidak boleh terlena. Jangan sampai karena sudah hijau kemudian dijadikan alasan untuk mencari kebebasan. Sehingga pemerintah terus mengimbau agar masyarakat tertib dan disiplin protap kesehatan.

Christoforus menuturkan Pemerintah terus berupaya mempertahankan zona hijau. Salah satunya sedang dilakukan vaksinasi untuk menguatkan imun tubuh.
Saat ini masih quota untuk ASN, TNI dan polri. Selanjutnya vaksinasi untuk lansia dan masyarakat umum.

Baca Juga:  Dokter dan Perawat Covid19 RS Sito Husada Atambua Ditutup

Mantan Camat Kota Atambua menambahkan Pemerintah Kabupaten Belu terus menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan terus menjalankan pola hidup sehat. Menjaga jarak fisik dalam beraktivitas. Menghindari kerumunan, mencuci tangan dan wajib menggunakan masker serta menjaga imun tubuh.

Berikut rilisan data Satgus Covid-19 Kabupaten Belu, hasil monitoring dari wilayah kerja 17 Puskesmas yang tersebar di 12 Kecamatan Kabupaten Belu. Data per Jumat, 19 Maret 2021 pukul 15. 00 wita, jumlah pelaku perjalan total 3.740 sudah selesai, 3.269 dalam pemantauan 471 kasus.

Baca Juga:  Sebuah Catatan untuk Penanganan Covid- 19

Sedangkan suspek total 87 kasus, selesai 87 kasus sehingga nihil atau kembali zona hijau. Kontak erat total 470, selesai 470 sehingga dalam pemantauan nihil. Untuk terkonfirmasi total 232 kasus, sembuh 216 kasus, meninggal 10 kasus, saat ini Nihil. Untuk probable 9 kasus.

Total rapid antigen dengan hasil positif sebanyak 465, sedangkan total swab 838 dengan hasil 606 negatif, 232 positif. Saat ini Pasien yang dirawat di ruang Isolasi RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD nihil. (Ren/ Gio)

Editor Giovanni Elias

  • Bagikan