Bupati Belu Sambut Kunjungan Mahfud MD dan Tito Karnavian

  • Bagikan

TimorBerita. Atambua – Bupati Belu Wilybrodus Lay didampingi Ny. Lidwina Viviawati Ng Lay menyambut kedatangan dua pejabat Negara di Kabupaten Belu perbatasan RI-RDTL,  Kamis (18/6/2020).

Dua pejabat negara yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mohammad Mahfud MD, dan Menteri Dalam Negeri RI  Muhammad Tito Karnavian. Kunjungan kerja di perbatasan negara ini didampingi Wakil Gubernur NTT Josef A. Nae Soi.

Agenda kunjungan di Kabupaten Belu yakni melakukan rapat terbatas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, menanam pohon di kawasan PLBN Wisma Negara. Dan tatap muka bersama Bupati, Wakil Bupati dan ASN Pemkab Belu.

Dalam acara tatap muka bersama dihadiri tiga Bupati di perbatasan negara yakni Bupati Belu, Wilybrodus Lay, Bupati Malaka Stef Bria Seran dan Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes.

Mendagri Muhammad Tito Karnavian mengatakan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) ada lima belas tahap, lima tahap telah berlangsung dari tahun 2019 namun memasuki bulan Maret 2020 dengan merebaknya Pandemi Virus Covid-19, sehingga KPU menunda 10 tahapan.

Menurut Tito pada bulan Maret lalu bersama Menteri Keuangan sudah menyetujui anggaran yang sudah disepakati dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk KPUD dan Bawaslu Daerah. Uang tersebut tidak digunakan untuk Covid-19 karena penanggulangan Covid menggunakan sektor lain termasuk belanja tidak terduga.

” Saya mohon kepada rekan-rekan Kepala Daerah. Naskah yang sudah disepakati dalam NPHD segera dicairkan karena rekan-rekan dari KPU dan Bawaslu sudah harus bekerja. Kepada KPU maupun Bawaslu segera bekerja dengan tetap perhatikan Protokol Covid-19,” ujar mantan Kapolri ini.

Dikatakan tidak akan diperpanjang lagi masa ketidakpastian untuk agenda ketatanegaraan. Sebab Pilkada serentak tetap dilaksanakan dengan tambahan anggaran yang sudah di sediakan. Baik yang disediakan Pemerintah Pusat maupun yang ditanggung daerah dengan memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.

Sementara Mohammad Mahfud MD, dalam sambutannya saat tatap muka bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Belu beserta jajaran, Forkompinda, Pimpinan instansi vertikal dan Pimpinan BUMN/BUMD di halaman Kantor Bupati Belu, mengajak semua untuk menyambut pemilu ini dengan sebaik-baiknya. Untuk menentukan pemimpin yang sah, karena penguasa/pemimpin itu akan mengambil keputusan-keputusan yang sah untuk mencapai tujuan negara.

Dikatakan tujuan negara antara lain menjaga integritas teritori dan ideologi, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum dan menegakkan demokrasi.

Pada kesempatan itu dilakukan penanaman anakan pohon bertempat di halaman Kantor Bupati Belu oleh Menkopolhukam dan Menteri Dalam Negeri. (Ren/ Gio)

Baca Juga:  Mahkamah Konstitusi Terima 82 Permohonan Sengketa, Didominasi PHPU Bupati
  • Bagikan
error: Content is protected !!