Bupati Dan Dirjen Tanam di Lahan Food Estate, Petani Berhasil Dapat Hadiah

  • Bagikan

TimorBerita. Atambua || Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Ali Jamil bersama
dan Direktur Serealia Ditjen Tanaman Pangan, Mohamad Ismail Wahab bersama Bupati Belu Agustinus Taolin dan Wakil Bupati Belu Aloysius Haleserens menanam perdana jagung hibrida varietas nasa 29 di lokasi food estate di Rotiklot Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu, Sabtu (21/8/2021).

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Ali Jamil mengatakan lahan Food Estate di Kabupaten Belu seluas 53 Ha. Semoga lahan seluas ini diharapkan bisa terealisasi dan lokasi ini menjadi lahan percontohan.

” Intinya dalam menanam lahan seperti ini harus ditanam secara bertahap. Semoga tidak ada halangan sesuai yang kita rencanakan 53 Ha. Lahan ini akan menjadi lahan percontohan,” tegas Direktur Jenderal PSP Kementan.

Baca Juga:  Tabur Bunga di Taman Seroja Haliwen, Begini Suasananya

Ali Jamil berharap lahan yang sudah ditargetkan bisa terealisasi. Para petani yang hasil produksinya baik akan diberikan kejutan hadiah.

” Jika ada petani yang produksi hasil taninya baik di areal ini maka kami akan memberikan hadiah,” kata Dirjen PSP Kementan ini.

Dirjen PSP juga mengharapkan perhatian dari PUPR terutama Kepala Balai Wilayah Sungai Nusantara II untuk memberikan dukungan air yang cukup pada lahan food estate. Sehingga tidak mengalami kekurangan air yang akhirnya gagal panen.

Baca Juga:  Hari Ini, Mensos RI dan Ketua PKK NTT Kunjungi TTU

Sedangkan Bupati Belu Agustinus Taolin dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat atas bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat Belu. Pemerintah Kabupaten Belu akan menjaga lahan ini sebaik-baiknya sampai produksi.

Bupati Agus optimis kedepannya lahan sekitar ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Belu. Padahal sebelumnya lahan ekstensifikasi, dulu hanyalah hutan. Setiap musim tanam kadang hasilnya jadi kadang tidak jadi.

” Tetapi hari ini Pemerintah menyediakan bibit, pupuk, dan air. Kami siap menerima ini dengan senang hati dan akan bekerja keras sampai berhasil,” tandas Bupati Belu.

Baca Juga:  Sebelum Habisi Nai Kiik, Pelaku Sempat Tanya Isteri Korban

Sekedar tahu ikut serta dalam rombongan ke lokasi Food Estate di Rotiklot Desa Fatuketi diantaranya Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II (BWS NT II) Kupang, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT Lucky Frederik Koli, Kepala BPTP NTT Tony Basuki, Kepala UPTD Pengawasan dan Sertifikasi Benih NTT Nixon Balukh.

Hadir Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) plus, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Belu, jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belu dan tokoh masyarakat. ( Ren/Dik)

  • Bagikan
error: Content is protected !!