Bupati Malaka & Bupati Belu Teken Mou Masyarakat Berobat Gratis

  • Bagikan

TimorBerita. Atambua || Program kesehatan Pemerintahan Kabupaten Malaka yang di sebut Kartu Malaka Sehat (KMS) siap dieksekusi.

Masyarakat Malaka yang memiliki KMS sudah bisa berobat gratis di RSUD Mgr Gabriel Manek Atambua, setelah penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Bupati Malaka Simon Nahak dengan Bupati Belu Agustinus Taolin.

Penandatanganan MoU disaksikan Wakil Bupati Belu Aloysius Halerens yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Belu Senin (30/8/2021).

Dua Pemerintah Kabupaten bertetangga di perbatasan Negara RI-Timor Leste menjalin kerjasama dalam bidang pelayanan kesehatan berbasis E-KTP Malaka. Kedua daerah ini bersinergi untuk membangun kesejahteraan untuk masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Malaka Simon Nahak mengapresiasi kerjasama di bidang kesehatan. Melalui MoU ini tentunya sudah bisa ada pengobatan untuk bisa membantu warga Malaka yang di rujuk ke RSUD Gabriel Manek Atambua.

Baca Juga:  Pamit Berburu di Hutan, Warga Oemanu Ditemukan Tewas, Begini Kronologisnya

“Terimakasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Belu atas kerjasama ini. Kedepan kami bisa mandiri,” tandas Bupati Simon.

Bupati Simon berterima kasih atas dukungan dan kerjasama Pemkab Belu melayani masyarakat melalui program Kartu Malaka Sehat (KMS).

“Kita ingin supaya setiap warga Malaka yang sakit dan memegang KMS bisa berobat di mana saja. Sudah ada pengintegrasian program kerja sama BPJS,” kata Bupati Malaka.

Sementara itu Bupati Belu Agustinus Taolin menyambut baik kerjasama dalam bidang pelayanan kesehatan berbasis E-KTP Malaka. Untuk bersama bersinergi membangun hubungan regional kabupaten tetangga Malaka, TTU, Belu dan TTS.

“Kita akan lakukan untuk kemajuan bersama. Hari ini kita akan menandatangani nota kesepahaman di bidang kesehatan,” ungkapnya.

Bupati Belu juga mengapresiasi atas kepercayaan untuk ikut melayani masyarakat Malaka. Perjanjian kerjasama ini bila ada masyarakat yang berobat di Belu tentunya harus dilayani tetapi ikuti mekanisme kerjasama sesuai aturan hukum.

Baca Juga:  Temu Mitra Bersama Pelaku UMKM, Begini Pesan Bupati Belu

Bupati Agus menambahkan tahun depan pelayanan sub spealisasi di bidang spesialis hati dan penyakit saluran cerna, unit cuci darah serta pelatihan untuk standar pelayanan ICU dan lainnya.

” Kesehatan ini tanpa dinding.
Kita tingkatkan sehingga kita bisa mencapai pelayanan itu.
Saya sudah bicara dengan dokter-dokter mari kita bersama membangun komitmen, membangun integritas supaya masyarakat bisa percaya kepada institusi kita,” tandas Bupati Agus.

Bupati Belu berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Malaka atas kerjasamanya. Bersama bersinergi untuk melayani meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Belu dan Malaka menjadi sehat. Khusus untuk Belu menuju masyarakat yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif.

Baca Juga:  Viktor Tarik Gerbong, Silaturahmi Bersama Bupati & Wabup Malaka Terpilih

Cuma tahu, usai pertemuan dilakukan penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Malaka dan Pemerintah Kabupaten Belu. Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka dan Direktur RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua tentang pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Malaka pada RSUD Gabriel Manek Atambua. Turut menandatangani Sekretaris Daerah Kabupaten Malaka dan Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Belu.

Hadir dalam pertemuan ini Wakil Bupati Belu Aloysius Haleserens, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Belu Frans Manafe Sekretaris Daerah Kabupaten Malaka Donatus Bere Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu Theresia M.B Saik, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka Paskalia Frida Fahik, Direktur RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua Bathseba Elena Corputty dan Pimpinan Organisasi Perangakat Daerah Kabupaten Belu. (Viki Bria/Joo)

  • Bagikan
error: Content is protected !!