CU KP Atambua Dampingi Kombas Buat Pupuk Bokasi Untuk Hijauan

  • Bagikan

TimorBerita. Atambua || Credit Union (CU) Kasih Sejahtera Atambua, lembaga ini bukan saja fokus untuk simpan pinjam. Tetapi juga bergerak di kegiatan kewirausahaan lainnya untuk mendukung pemberdayaan ekonomi kreatif keluarga.

Buktinya, Sabtu (8/5/2021) CU Kasih Sejahtera Kantor Pelayanan (KP) Atambua, menggelar pelatihan bokasi kepada anggota di Berkase Desa Tukuneno, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu.

Pembuatan bokasi atau pupuk alami kepada ibu2 rumah tangga, sebagai salah satu solusi untuk mengatasi ekonomi rumah tangga di situasi pandemi. Caranya cukup memanfaatkan pekarangan rumah menggunakan polibeg.

Baca Juga:  Bupati Belu Salurkan Bantuan JPS Untuk 414 Warga Kelurahan Beirafu

Ketua Komunitas Basis (Kombas) Manuaman Berkase, Yustina Mera mengatakan, kegiatan pembuatan pupuk alami ini sangat berguna untuk hijauan. Kebanyakan masyarakat membeli sayur untuk dikonsumsi tetapi tidak diketahui cara produksinya.

” Kebanyakan kita beli sayur dari produksi pupuk kimia. Kalau pakai bahan kimia sangat berpotensi menggangu kesehatan manusia,” tandasnya.

Yustina menambahkan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat khususnya kaum ibu-ibu, agar memanfaatkan pekarangan rumah dengan polibek. Hasil sehingga bisa menekan ongkos pembelanjaan sayur, juga produksi yang ditanam hasilnya hijauan.

Baca Juga:  Jelang Kampanye, Cabup Simon Nahak Minta “Restu” Ibunda

Sedangkan Staf Diklat PMD KP Atambua, Firmus Naihati mengatakan kegiatan ini merupakan program lembaga CU Kasih Sejahtera untuk memberdayakan anggota sesuai visi dan misi lembaga.

Dimana Cu Kasih Sejahtera tidak hanya mengurusi simpan pinjam. Tetapi juga memberdayakan masyarakat melalui usaha2 kecil dan pelatihan2 teknis guna mensejahterakan anggota sesuai potensi yang dimiliki.

Baca Juga:  Pilkada Malaka Sudah Berakhir, Kerja Diam-Diam Jangan Pikir Aneh Aneh

” Ini kegiatan kerja sama aktivis Cu Kasih Sejahtera yang memiliki keahlian dibidang pertanian,” tandasnya. (Ren)

  • Bagikan