Data Bencana Belum Sampai Kabupaten, Camat Sasitamean “Santai”

  • Bagikan

Timor Berita.Betun || Data korban bencana di wilayah Kecamatan Sasitamen, Kabupaten Malaka, hingga kini belum juga tiba di Kabupaten.

Menariknya Camat Sasitamean Yanuarius Molo, justru santai belum bergerak menindaklanjuti data warga korban bencana di wilayah itu.

Terbukti, data bencana dari Desa yang sudah di kirim ke Kecamatan, namun hingga kini belum juga sampai di tangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten.

Hasil penelusuran media ini data bencana seperti di desa Builaran dan desa Fatuaruin, Kecamatan Sasitamen, belum terdata di BPBD Kabupaten. Padahal sejumlah desa di Sasitamean juga terkena dampak bencana siklon tropis yang terjadi Minggu 5 April lalu.

Penjabat Desa Fatuaruin, Gregorius Fatin, saat di konfirmasi Sabtu (17/4/2021) menuturkan pemerintah desa yang bertugas untuk mendata warga korban bencana banjir sudah dikirim ke kecamatan.

Dikatakan, selanjutnya dari kecamatan yang menindaklanjuti data bencana ke kabupaten.

“Tugas kami di desa mendata warga yang terkena dampak bencana banjir. Data ini sudah dimasukan ke kecamatan,” ujar Gregorius yang biasa di sapa Goris.

Ia berharap, pihak kecamatan bisa menindaklanjuti data yang sudah dimasukan untuk ditindak lanjuti ke tingkat kabupaten. Sehingga warga korban bencana bisa mendapat sentuhan bantuan.

“Sampai saat ini kami belum belum terima bantuan apapun. Hasil pertanian warga saya juga terkena dampak bencana,” tandasnya.

Hal serupa disampaikan Penjabat Desa Builaran, Yohanes A. Bria. Menurutnya data bencana sudah dilaporkan ke kabupaten melalui kecamatan.

Di wilayahnya lanjut Yohanes terdapat dua warga meninggal terbawa banjir. Selain itu hasil ternak banyak mati dan terbawa banjir. Termasuk hasil pertanian warga yang rusak terendam banjir.

” Akibat bencana ini ada dua warga saya yang meninggal. Ternak banyak mati dan hasil pertanian juga rusak,” ujar Yohanes.

Terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malaka, Gabriel Seran saat dikonfirmasi, membenarkan jika data korban bencana dari Kecamatan Sasitamean belum masuk.

” Untuk kecamatan lain datanya sudah masuk kecuali Sasitamean. Sampai saat ini Sasitamean belum terdata,” ujar Gabriel.

Ia berharap sebaiknya data yang sudah ditangan desa langsung diserahkan kepada Kabupaten agar bisa ditindaklanjuti.

” Kami belum tahu ada berapa desa di Sasitamean yang terdampak bencana. Kita harap segera masukkan data warga korban,” tandasnya.

Sementara Camat Sasitamen Yanuarius Molo, saat dikonfirmasi belum berhasil. Sejumlah panggilan layanan telphone maupun pesan whatsupp belum ada balasan, ponselnya non aktif. (vigal)

  • Bagikan