Paket Sakti Dari Koalisi “Kurus” Spontan Dipadati Ribuan Pendukung

  • Bagikan

BETUN, Timorberita.com–Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH. MH dan Louse Lucky Taolin, S.Sos dengan nama sandi Sakti atau trend sebutan SN-KT resmi mendaftar di KPU Malaka Sabtu (5/9/2020).

Paket yang dikenal merakyat dan sederhana ini diarak ribuan pendukung sambil menunggang kuda menuju KPU untuk mendaftar. Massa bertolak usai deklarasi di Kampung Weleun, Desa Bakiruk, Kecamatan Malaka Tengah.

Kehadiran ribuan pendukung yang hadir saat deklarasi membuat suasana gemuruh,sebab meski muncul dari koalisi “kurus” dengan jumlah 5 kursi, namun berlapis pendukung. Rincian kursi koalisi yakni PKB 3 kursi, Perindo 2 kursi dan PSI 1 kursi.

Terbukti paket Sakti saat melakukan deklarasi spontan dihadiri ribuan pendukung yang datang dari berbagai penjuru desa dari 12 kecamatan di Malaka.

Semua kalangan masyarakat hadir menyaksikan jalannya deklarasi dan pendaftaran di KPU.

Massa  yang datang menumpang kendaraan roda dua dan empat tiba dilokasi deklarasi, jumlahnya mengagetkan rivalnya paket SBSWT pasangan incumbent Stef Bria Seran dan Wandelinus Taolin, yang mendaftar satu hari sebelumnya.

Baca Juga:  Cepat Mendongkrak Pembangunan Malaka, Program Sakti Solusinya

Pantauan media ini dilokasi deklarasi paket Sakti di kampung Weleun Bakiruk, ribuan massa memadati lokasi. Usai deklarasi, paket Sakti bersama pimpinan parpol pengusung dan tim penghubung berjalan menuju KPU. Kedua pasangan paket ini berbusana adat menunggang kuda.

Saat tiba di halaman KPU Malaka sekira pukul 15.10 wita. Saat tiba rombongan diterima tutur adat dan disambut Ketua KPU dan anggota komisioner.

Sebelum melakukan pemeriksaan dokumen syarat calon dan syarat pencalonan, bakal pasangan calon ini menunjukkan hasil pemeriksaan swab PCR yang menyatakan bebas Covid-19.

Setelah diperiksa berkas dokumen syarat calon semua lengkap dan syarat pencalonan lengkap dan sah. Sehingga dokumen memenuhi syarat lengkap dan paket ini terima.

Sementara Ketua KPU Malaka, Makarius Bere Nahak menjelaskan paket Sakti dokumen persyaratan diterima karena menenuhi syarat lengkap dan sah. Selanjutnya KPU akan melakukan verivikasi terhadap syarat calon sesuai jadwal,ada tanggapan masyarakat dan perbaikan.

“Tahapan selanjutnya verivikasi dan perbaikan. Dan paket ini akan mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD W.Z Johanes Kupang,” sebutnya.

Baca Juga:  Paslon SN-KT Tekad Bangun Balai  Adat Desa

Sementara Bakal Calon Bupati Simon Nahak usai pendaftaran mengaku senang dan bangga atas dukungan parpol pengusung dan dukungan dari masyarakat.

Ia meminta dukungan masyarakat untuk menangkan paket Sakti pada 9 desember.

Ia juga meminta pendukungnya untuk tenang menjaga situasi Pilkada tetap aman dan kondusif sebab walau berbeda pilihan tetap bersaudara.

Pilkada berintegritas dan bermatabat, masyarakat bebas memilih tanpa tekanan dan intimidasi.

Sementara bakal pasangan calon Wakil Bupati,Louse Lucky Taolin, S.Sos menjelaskan pendaftaran di KPU Sakti tetap taati aturan protokol Covid 19 sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Ditempat yang sama, Dr. Simon Nahak,menyampaikan terima kasih kepada Tuhan dan leluhur, keluarga dan masyarakat terutama kepada Partai PKB, Perindo dan PSI yang sudah beri kesempatan paket Sakti sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati untuk bertarung pilkada 9 Desember 2020.

Ia merincikan desain program kerja paket Sakti cukup makan minum, cukup cerdas, cukup sehat dan membantu pemerintah untuk memberantas tindak pidana korupsi dan menjadikan kabupaten Malaka sebagai kabupaten yang berbudaya.

Baca Juga:  Ketua Tim Pemenang SN - KT Beberkan Survei Kemenangan

Menurut Simon, rakyat dan koalisi parpol sebagai penentu kemenangan sehingga disebut Koalisi Kerakyatan kerena filosofisnya ada pada sila ke 5 kursi.

Ia mengajak masyarakat Malaka untuk menyukseskan Pilkada Malaka yang bermoral dan berintegritas. Berpolitik yang santun tidak saling mencederai memfitnah. Semua bersaudara satu Malaka, berbeda pilihan itu biasa dalam demokrasi.

“Ini pesta demokrasi, pestanya rakyat kabupaten Malaka. Berpolitiklah yang santun menjunjung tinggi adat sabete seladi, hakneter haktaek, sesuai budaya rai Malaka” ajak Simon sosok anak petani yang ramah dan sederhana ini.

Menarik Paket ini memiliki angka khusus memiliki makna, Angka 5 dari jumlah kursi dan angka 3 jumlah partai koalisi. Dan angka 5 menjadi hari deklarasi dan pendaftaran di KPU.

Filosofi 5 kursi adalah 5 dasar Pancasila yang dianut Bangsa ini dan 3 partai Pengusung filosofisnya adalah, Bapa Putera dan Roh Kudus. (gio/red)

  • Bagikan