Di Kantor Bulog, Bupati Alor Launching Bantuan Beras Sosial Untuk 15.720 KPM

  • Bagikan

ALOR, Timorberita.com-Bupati Alor, Drs. Amon Djobo melakukan launching program bantuan sosial beras dari Kementerian Sosial RI untuk penangganan covid 19 bagi masyarakat Kabupaten Alor.

Sebanyak 15.720 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di 175 desa/kelurahan di 17 Kecamatan di Kabupaten Alor merupakan sasaran dari bantuan tersebut.

Kegiatan launching program ini berlangsung di Kantor Cabang Pembantu  Badan Urusan Logistik (Bulog) Kalabahi, pada Kamis (17/9/2020).

Launching ini ditandai dengan penyerahan beras secara simbolis oleh Bupati Alor kepada lima orang warga masyarakat dan pelepasan truk pengangkut beras untuk didistribusikan kepada warga penerima oleh Ketua DPRD Kabupaten Alor, Enny Anggrek, SH.
Bupati Djobo dalam sambutannya mengatakan, angka kemiskinan masyarakat Kabupaten Alor saat ini sudah turun menjadi 18 persen lebih. Jumlah ini akan terus 9menurun.

Menurut Bupati Djobo, bantuan pangan yang ada dilihat sebagai pelengkap, sehingga  masyarakat diharapkan tetap  menjaga kemandirian pangan.

“Bantuan pangan saat ini hanya sebagai  penggerak,
Sehingga pangan lokal masyarakat tetap diusahakan agar kemandirian pangan tetap terjaga,” tegas Bupati Djobo, sambil mengatakan hal ini sejalan atau merupakan spirit dari Program Pemerintah Kabupaten Alor, yakni Alor Kenyang, Alor Sehat, dan Alor Pintar.

Bupati Djobo minta masyarakat untuk mengolah lahan tidur yang ada untuk menigkatkan hasil pertanian yang ada, masyarakat jangan hanya sebaliknya tidak berusaha.
“Sambil menerima bantuan ini, masyarakat tetap  mengusahakan pangan lokalnya, sehingga bisa lepas dari kemiskinan, sehingga bantuan yang ada digilirkan lagi  kepada keluarga harapan yang lain,” ungkap Djobo.

Djobo menandaskan, bantuan yang ada jangan dilihat dari besar atau kecil jumlahnya, tetapi bantuan yang ada dapat dimanfaatkan untuk dimanfaatkan demi kehidupan yang lebih baik.

Sementara itu Pimpinan Kantor Cabang Pembantu Bulog Kalabahi, Elita Mautang mengungkapkan, bantuan beras sosial untuk Kabupaten Alor dialokasikan untuk 15.720 KPM Program Keluarga Harapan. Satu PKM setiap bulannya mendapat 15 kg.

Bantuan ini, jelas Mautang, diberikan pemerintah selama 3 bulan, sehingga total beras yang disiapkan untuk Kabupaten Alor sebanyak 707, 4 ton.

Menurut Mautang, Kementerian Sosial telah menunjuk PT. BGR sebagai transporter untuk mendistribusikan beras bantuan tersebut, dan peran Bulog sebagai penyedia stok beras.
“Bantuan beras ini diberikan kepada masyarakat secara gratis, dan kualitas beras adalah medium,” tambah Mautang.(oma)

  • Bagikan