Dilantik Jadi Presiden Timor Leste, ini Janji Ramos Horta

  • Bagikan

Timor Berita, DILI – Jose Ramos Horta resmi dilantik sebagai Presiden Timor Leste bertepatan perayaan hari kemerdekaan ke-20 negara Timor Leste.

Jose Ramos Horta Presiden ke-5 ini dilantik di Tasitolu Dili pada Jumat 20 Mei 2022, di hadiri Diplomatik dari berbagai negara.

Suasana pelantikan berlangsung meriah dengan konser dan kembang api untuk ribuan warga di ibu kota Dili.

Baca Juga:  Polres Belu Terus Edukasi, Warga Jangan Santai Covid-19

Jose Ramos Horta akan memimpin negara dengan julukan Matahari Terbit selama 1 periode atau 5 tahun kedepan.

Dalam pidatonya Ramos Horta berjanji akan mengembangkan ekonomi negara bekas jajahan Portugis ini. Juga akan memecah kebuntuan politik yang sudah berlangsung lama.

Ramos Horta menyerukan persatuan nasional antara partai-partai yang bersaing. Sebab Pemilu sudah selesai tanpa ada insiden. Dan ini kesempatan untuk memulihkan kebuntuan politik antara Paeartai Congres Nasional Rekonstruksi Timor-Leste (CNRT) dan Front Revolusioner untuk Timor Timur Merdeka (Fretilin) pimpinan Guterres.

Baca Juga:  Tiga Ranperda Dibahas, Ranperda Lembaga Adat Malaka Menyusul

“Perdamaian hanya akan nyata dan abadi jika dicapai melalui dialog dan saling menghormati di mana tidak ada pihak yang merasa dipaksa dan dihina,” tegas Ramos Horta dilansir France 24.

Ramos Horta juga berbicara membantu melestarikan perdamaian regional dan global dan memperluas hubungan bilateral dengan China, dan memuji Amerika Serikat atas perannya dalam mengembangkan infrastruktur negara.

Baca Juga:  Dinas Kominfo Belu Gelar Bimtek KIM Desa
  • Bagikan