Dionisius Ulan Ganti Amandus Nahas, Siapa Pengganti Wakil Ketua…!

  • Bagikan

TimorBerita. Kefamenanu|| Kader Partai Golkar Dionisius Ulan, siap dilantik sebagai anggota DPRD Timor Tengah Utara (TTU) periode 2019-2024. Paripurna Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD TTU dijadwalkan pada Kamis 25 Maret 2021.

Dionisius dilantik sebagai anggota DPRD TTU, menggantikan kursi Amandus Nahas, yang mengundurkan diri untuk maju mendampingi Hendrikus Frengki Saunoah, dalam bursa Pilkada TTU 2020 lalu. Selain itu Amandus juga menjabat sebagai wakil ketua DPRD TTU.

Ketua DPRD TTU Hendrikus F. Bana saat dikonfirmasi Selasa (23/3/2021) siang, mengatakan proses paripurna perggantian antar waktu (PAW) merupakan perintah undang-undang. Sehingga harus ditindaklanjuti sesuai amanat aturan.

Sejauh ini pihaknya sudah menggelar rapat badan musyawarah (Banmus), untuk menetapkan jadwal paripurna pergantian antar waktu atas nama Dionisius Ulan.

” Dalam rapat Banmus kami sudah jadwalkan paripurna dilaksanakan Kamis lusa ini. Saya sudah teken surat undangan. Paripurna akan dihadiri anggota DPRD TTU, Bupati, Wakil Bupati dan unsur Forkopimda,” tandasnya.

Baca Juga:  Sah, Dionisius Ulan Ganti Amandus Nahas, Ini Pesannya

Hendrikus menjelaskan mekanisme paripurna ini berpedoman pada Tatib DPRD Nomor 1 tahun 2019. Dimana dalam pasal 122 mengatakan bahwa alat kelengkapan DPRD Kabupaten/Kota yang akan menduduki posisi anggota dan wakil ketua harus medapat surat keputusan dari Gubernur NTT untuk diparipurnakan.

Ia menegaskan paripurna PAW Anggota DPRD TTU, untuk menggantikan posisi Amandus Nahas sebagai anggota DPRD dan bukan alat kelengkapan DPRD TTU. Setelah paripurna anggota, selanjutnya Pemda TTU melalui biro tata pemerintahan mengirim kepada gubernur untuk menerbitkan SK.

” Paripurna untuk menggantikan Amandus Nahas, sebagai anggota DPRD TTU. Itu digaris bawahi agar tidak salah persepsi,” tandasnya.

Hendrikus menjelaskan selain menjadwalkan paripurna PAW Anggota DPRD TTU, Banmus juga sudah menjadwalkan untuk pemberhentian sekaligus pengusulan pergantian wakil ketua DPRD TTU yang dijadwalkan 29 Maret 2021. Hasilnya dikirim kepada Bupati untuk diteruskan kepada gubernur agar menerbitkan SK.

Baca Juga:  Sah, Dionisius Ulan Ganti Amandus Nahas, Ini Pesannya

Dikatakan sesuai usulan posisi jabatan wakil ketua DPRD akan ditempati oleh Agustinus Tulasi. Hal ini sesuai rekomendasi Partai Golkar yang sudah diterima pimpinan DPRD TTU.

” Rekomendasi dari Partai Golkar, Dionisus Ulan sebagai anggota PAW dan Agustinus Tulasi sebagai wakil ketua,” jelasnya.

Sebelumnya, lanjut Hendrikus proses PAW Anggota DPRD TTU, sudah dilakukan terhadap dua
anggota DPRD TTU yang mengundurkan diri dan maju sebagai bakal calon pada Pilkada TTU 2020. Dua anggota yakni Hendrikus Frengki Saunoah dari PDIP dan Amandus Nahas dari partai Golkar.

Berdasarkan hasil rekapitulasi Pemilu legislatif tahun 2019 yang lalu yang dikeluarkan KPU suara terbanyak kedua adalah Andina Winantuningtyas setelah Hendrikus Frengky Saunoah.

Baca Juga:  Sah, Dionisius Ulan Ganti Amandus Nahas, Ini Pesannya

Untuk partai Golkar posisi kedua ditempati Dionisius Ulan. Untuk roses PAW untuk Partai Golkar hampir finish karena tinggal paripurna pergantian. Sedangkan untuk PDIP Perjuangan nama pengganti sudah di meja pimpinan DPRD TTU.

Tetapi dalam perjalanan Ketua DPC PDIP TTU meminta untuk dihentikan proses usulan itu, karena alasan masih ada hal diinternal partai yang harus diselesaikan.

” Proses PAW untuk Golkar sudah beres tinggal paripurna. Sedangkan untuk PDIP penggantinya Andina Winantuningtyas ini sesuai usulan KPU TTU. Kita proses bersamaan dengan Golkar tetapi saat berproses ketua partai minta untuk dihentikan karena katanya masih ada masalah di internal partai yang harus diselesaikan,” tandas Hendrikus yang juga mantan Camat Bikomi Selatan ini. (Bell/ gio)

  • Bagikan