Ditjen Pemdes Luncurkan TV Bina Pemdes, Aparatur Desa Diajak Aktif

  • Bagikan

TimorBerita. Jakarta – Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meluncurkan TV Bina Pemdes dalam peringatan 7 tahun berlakunya Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Peluncuran TV dilakukan di Studio TV Bina Pemdes oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemdes Kemendagri, Yusharto Huntoyungo, di Gedung C Ditjen Bina Pemdes, Lantai 4, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Jumat, (15/1/2021).

Yusharto mengatakan, peluncuran TV sebagai upaya Ditjen Bina Pemdes menjangkau lebih luas para pemerhati desa, mulai dari aparatur desa, akademisi, hingga masyarakat umum untuk memberikan informasi perkembangan desa saat ini.

“Melalui  TV  Bina  Pemdes  ini,  Ditjen  Bina  Pemerintahan  Desa  secara  reguler  siap memberikan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa secara on air,” kata Yusharto.

Baca Juga:  PGRI TTU Gelar Seminar Hukum Lindungi Profesi Guru

Menurut Yusharto, inovasi di era teknologi saat ini wajib dilakukan. Pendayagunaan teknologi informasi harus dilakukan untuk kebutuhan pengembangan kapasitas aparatur desa.

Yusharto mengungkapkan, hadirnya TV Bina Pemdes bisa menjadi sarana efektif menjangkau seluruh lapisan masyarakat untuk pelaksanaan program pembinaan.

“TV Bina Pemdes, menjadi salah satu solusi melakukan pembinaan di era new normal. Kita saat ini mengalami keterbatasan dalam pelaksanaan tatap muka, maka hadirnya TV ini akan membantu program sosialisasi dari Ditjen Bina Pemdes kepada para aparatur desa,” ungkap Yusharto.

Ditjen Bina Pemdes siap membuat program yang kreatif dan informatif agar setiap kebijakan mudah dipahami oleh seluruh penyelenggaraan aparatur desa.

Baca Juga:  KBRI Dili Gerak Cepat, 50 WNI di Oecusse Timor Leste Divaksin

“Saya meminta seluruh pejabat dan staf di Ditjen Bina Pemdes untuk jadikan TV Bina Pemdes sebagai media sosialisasi utama, agar semua program dan kebijakan sampai ke seluruh lapisan desa,” kata Yusharto.

Penyelenggara aparatur desa maupun masyarakat bisa menyaksikan siaran maupun konten informasi di channel Youtube Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa.

Nantinya, setiap aparatur desa bisa memanfaatkan channel tersebut. Ditjen Bina Pemdes siap berkolaborasi dengan setiap aparatur desa, untuk membuat konten bersama.

Dalam peluncuran perdana ini, TV Bina Pemdes juga menyiarkan dialog secara langsung membahas tujuh tahun diberlakukan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa  yang dipandu Presenter Senior Martin Mohede.

Baca Juga:  Jika Bupati Ngotot Buka, Para Tokoh Agama TTU Minta Polisi Bubarkan Pameran Pembangunan

Yusharto mengungkapkan, setelah tujuh tahun berjalan UU tentang desa, penyelenggaraan desa semakin baik, banyak desa menjadi lebih mandiri. Desa mampu mengelola penyelenggaraan administrasi secara baik. Adanya dana desa, membuat desa mampu menghidupi roda perekonomian.

Yusharto menambahkan, Ditjen Bina Pemdes akan terus membantu para perangkat desa, agar penyelenggaran desa ke depan menjadi lebih baik. Tuntutan saat ini sangat dinamis, cita- cita mewujudkan masyarakat desa sejahtera, menjadi tanggung jawab bersama.

“Saya berharap, seluruh perangkat desa di Indonesia, untuk terus meningkatkan kapasitas dan profesionalisme, tuntutan pelayanan masyarakat semakin tinggi,” ungkap Yusharto. (PusKem/ TimBC)

  • Bagikan
error: Content is protected !!