DPRD NTT Kunker di Perbatasan RI – Timor Leste Pantau Fasilitas Bantuan Pempus

  • Bagikan

TimorBerita. Atambua || Anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)
melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Belu, perbatasan Negara RI- Timor Leste, Kamis (1/7/2021).

Rombongan Kunker dipimpin Ketua DPRD NTT Emelia J. Nomleni bersama Wakil Ketua DPRD NTT Ince D. P Sayuna, Wakil Ketua Komisi l DPRD NTT Jonas Salean serta Anggota Komisi I DPRD NTT.

Saat tiba rombongan di terima Bupati Belu Agustinus Taolin bersama Wakil Bupati Belu Aloysius Haleserens di ruang kerja Bupati Belu.

Ketua DPRD NTT Emelia Julia Nomleni mengatakan, kedatangan pihaknya ke Kabupaten Belu untuk mendapatkan informasi dari Pemerintah Kabupaten Belu dan masyarakat di wilayah perbatasan karena ini sebagai tanggung jawab Provinsi.

” Kami terus melakukan kunjungan ke perbatasan antar negara. Paling penting adalah daerah ini bisa mendapatkan hasil dari proses ini. Semoga kunjungan dan diskusi ini menjadikan sumber pendapatan untuk Kabupaten Belu,” tandasnya.

Baca Juga:  Korban Banjir NTT 181 Meninggal, 48 Hilang, Terbanyak Flores Timur

Sementara itu Wakil Ketua Komisi l DPRD NTT Jonas Salean mengatakan kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat dari dekat fasilitas yang ada di wilayah perbatasan yang telah di bangun pemerintah pusat. Seperti pasar perbatasan yang fasilitasnya sudah selesai dan sudah beroperasi. Namun fasilitas yang sudah dibangun dan dimanfaatkan harus dipastikan pengelolaanya harus ada kejelasan pemanfaatannya.

Menurut Jonas di PLBN banyak sumber pendapatan tetapi daerah ini tidak kebagian. Untuk itu perlu di lihat regulasinya, sehingga melalui dewan bisa mengusul ke pemerintah pusat agar bisa mengetahui mana hak pusat dan mana hak daerah.

” Fasilitas sudah dibangun potensi pendapatan sangat tinggi ini yang perlu diatur antara hak pusat dan hak daerah. Sehingga dana untuk pendapatan hasil daerah di Kabupaten Belu ini makin baik untuk kesejahteraan masyarakat bisa lebih baik lagi,” tandasnya.

Sementara Bupati Belu Agustinus Taolin menyampaikan terima kasih atas kunjungan Ketua dan Anggota Komisi I DPRD NTT yang sudah hadir di Belu dalam rangka sharing pendapat sekaligus memantau fasilitas diwilayah perbatasan. Tentunya kunjungan ini sangat bermanfaat untuk kebaikan kemajuan daerah Belu sebagai perbatasan negara RI Timor Leste.

Baca Juga:  Bupati Malaka Jadi Pemecah Rekor Pembicara Nasional

Bupati Agustinus menuturkan dikepemimpinanya bersama Wakil Bupati Aloysius Haleserens sudah menyampaikan Program kerja ke Gubernur NTT. Program kerja di bidang Kesehatan, Pendidikan, Pertanian, Peternakan, Infrastrukrur, Reformasi Birokrasi dan lainnya.

Kesempatan itu Bupati Agustinus membeberkan beberapa isu penting terkait kondisi penanganan Covid-19 di Kabupaten Belu, diantaranya terkait lintas batas, evaluasi Gugus Tugas Kabupaten Belu termasuk orang masuk dan keluar dari dan ke Kabupaten Belu, serta aturan regulasi nasional.

Dikatakan untuk memperketat pengawassan dipintu masuk maka Pemerintah Kabupaten Belu mengambil kebijakan untuk melakukan tes dan mengawasi pengunjung dengan memberikan surat rekomendasi untuk mereka yang keluar dari Belu dan di kawal dari tempat tujuan serta melakukan isolasi di tempat tujuan.

Baca Juga:  Kasus Dana Covid - 19 Nagekeo di Ujung Tanduk, Pekan Depan Expose di Kejati NTT

” Kami juga akan memantau dan memperketat pintu masuk dan keluar pelabuhan darat, dengan tes antigen di tempat oleh petugas kesehatan setempat,” tandasnya.

Cuma tahu, Bupati Belu Agustinus Taolin didampingi Wakil Bupati Belu Aloysius Haleserens, menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi l DPRD NTT di Ruang Kerja Bupati Belu.

Hadir kunjungan Ketua DPRD Provinsi NTT Emilia J. Nomleni, Wakil Ketua DPRD NTT, Ince D. P Sayuna, Wakil Ketua Komisi l DPRD NTT Jonas Salean, serta Anggota Komisi I DPRD NTT.

Sedangkan Anggota DPRD Belu yang hadir, Wakil Ketua l DPRD Belu Yohanes Jefri Nahak, Anggota Eduard Mau Boy, Rofinus Manek, Benediktus J. Halle, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Belu Cristoforus M. Loe Mau dan Plt. Administrator PLBN Motaain Engelbertus Klau. (Ren/ R5)

  • Bagikan
error: Content is protected !!