Dugaan Korupsi Dana Desa Warga Lapor Kades Loeram

  • Bagikan

TimorBerita. Kefamenanu || Kepala Desa Loeram, Kecamatan Insana, Eduardus Efi terpaksa diadukan ke Kejaksaan Negeri Timor Tengah Utara pada Rabu (14/7/2021).

Pengaduan ini datang dari Ketua dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Loeram dan masyarakat setempat.

Ketua BPD Loeram, Andreas Abainpah mengatakan terpaksa mengadukan Kades Loeram karena kadesnya diduga kuat menyelewengkan Dana Desa.

Andreas merincikan
terkait dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) realisasi tahap I pada tanggal 5 juni 2020 senilai Rp 600.000.

Baca Juga:  Timor Leste Tempat Sejarah dan Wisata Religi Menakjubkan

Untuk tahap II cair pada 11 Juni 2020 sebesar Rp 1.200.000 Tahap III pada 23 September 2020 sebesar Rp 300.000 dan Tahap IV pada 23 desember 2020 sebesar Rp 600.000. Sehingga total semua penerimaan BLT sebesar per KK Rp 2.700.000. Sedangkan di APBDes yang di muat adalah per KK menerima total bantuan BLT senilai Rp 3.600.000.

Baca Juga:  Kasus Alkes Dilanjutkan, Jaksa Geledah RSUD Kefamenanu

Masyarakat menilai ada kejanggalan dalam pengelolaan dana desa. Tindakan Kades dinilai salah dan sangat merugikan masyarakat. Selama ini pengelolaan dana desa tidak ada transparansi dan keterbukaan.

” Selama ini tidak ada keterbukaan, pengelolaan dana desa tertutup. Kades juga tidak mau menerima masukkan masyarakat mengenai dana BLT. Kades selalu sibuk,” ungkapnya.

Andreas menambahkan, laporan yang disampaikan kepada Kejari TTU sebagai tindak lanjut dari hasil temuan. Sehingga BPD sudah memberikan rekomendasi kepada Kades untuk diperhatikan namun tidak diindahkan.

Baca Juga:  Kajari TTU Roberth J. Lambila, Ganti Bambang Sunardi

Untuk itu masyarakat Desa berharap ada tindak lanjut dari pihak Kejaksaan atas laporan tersebut. Masyarakat merasa dirugikan dari pengelolaan item kegiatan dana desa sehingga perlu diusut tuntas.

” Kita minta jaksa untuk tindaklanjuti laporan ini. Masyarakat dirugikan. jika benar maka ini jadi efek jera kepada oknum kades juga untuk aparatur lainnya. (FeN/C7)

  • Bagikan
error: Content is protected !!