Eksekusi Program Prioritas, Bupati Malaka “Jumpa” Kepala Dinas Pendidikan NTT

  • Bagikan

Timor Berita.Betun || Bupati Malaka Simon Nahak menjumpai Linus Lusi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) Provinsi NTT.

Rapat yang dikemas dalam diskusi santai berlangsung di ruang Kadis PK NTT di Kupang Jumat (23/7/2021) untuk membicarakan pendidikan di Kabupaten Malaka.

Dihadapan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Bupati Simon mengatakan Pendidikan sebagai salah satu program prioritas dikepemimpinannya bersama wakil bupati Louise Lucky Taolin.

Untuk itu kerjasama di bidang pendidikan akan terus dibangun kedepannya. Sumber daya manusia Malaka harus disiapkan apalagi ditengah pandemi (Covid 19).

” Salah satu program prioritas itu adalah kualitas pendidikan di Malaka. Kita ini kabupaten perbatasan untuk itu harus benar benar siap SDM-nya harus dididik,” tandas Bupati Malaka.

Menurut Bupati Simon, salah satu faktor penghambat pendidikan di Kabupaten Malaka saat ini pembelajaran daring melalui zoom metting yang tidak berjalan efektif karena berbagai keterbatasan. Kondisi ini membuat pendidik dan para murid kesulitan sehingga harus dicarikan formulasi yang tepat.

Baca Juga:  Pemkab Belu Apresiasi TNI, Desa Leosama Jadi Lokasi TMMD

Sekolah tidak ada aktivitas tatap muka karena kegiatan pembelajaran hanya dari rumah. Tetapi terhambat kegiatan zoom metting. Tidak seperti di kupang maupun di pusat atau kota kota besar lainnya,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, adanya permasalahan jaringan sehingga banyak yang lalai bahkan tidak aktif karena alasan jaringan teknologi. Meski begitu apapun hambatannya sekolah harus siap.

“Jadi ini hambatan bersama, karena sekolah online. Tetapi kita harus hadapi untuk dikerjakan. Sehingga kita harapkan kerjasama terus dibangun. Kita inginkan siapkan SDM yang handal dan berkualitas untuk generasi penerus Malaka sebagai kabupaten perbatasan,” tandasnya.

Bupati Simon menambahkan salah satu faktor terhambatnya pendidikan masih minimnya tenaga guru. Masih banyak sekolah sekolah yang terbatas tenaga pendidikan, khususnya pada mata pelajaran tertentu. Seperti IPA,Kimia,Biologi dan matematika sangat minim.

Baca Juga:  Paguyuban JOGLOSEMAR Ibarat Angin Tak Terlihat Wujudnya Namun Terasa

Bupati Simon mengatakan tentunya ada intervensi melalui APBD II untuk mengatasi kebutuhan pendidik yakni merekrut tenaga guru tingkat Paud, SD dan SMP.

Saat ini ada tes CPNS mudah-mudahan bisa berhasil, karena untuk tenaga guru yang menjadi kewenang daerah melalui ABPD untuk tenaga kontrak Daerah akan diatasi. Sedangkan kewenangan Provinsi SMA/SMK di Provinsi bila ada quota tenaga guru kontrak bisa untuk mengabdi di Malaka.

” Itu hambatan kami jadi kalau berkenan untuk guru SMA/SMK, ada kontrak Provinsi bisa bantu. Saya kelilingi sekolah sekolah yang terjadi satu guru bisa mengajar sampai tiga mata pelajaran,” ungkap Simon.

Bupati Simon menambahkan di tahun awal memberikan bantuan mahasiswa yang saat ini menyelesaikan tugas akhir sebanyak 500 mahasiswa dari Menteri keuangan bantuan Covid-19.

Baca Juga:  Tim Sepakat Paket Sakti Pagi Deklarasi Sore Daftar di KPU Malaka

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan (P & K) Linus Lusi menyambut baik sinergitas yang dibangun bersama Bupati Malaka. Tentunya dukungan pendidikan menjadi tanggungjawab bersama.

Ia juga mengapresiasi berbagai masalah dan hambatan yang disampaikan Bupati untuk bersama dicarikan jalan keluarnya.Salah satunya hambatan metode pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. Hambatan dunia pendidikan menjadi hambatan yang harus segera diatasi bersama.

Berbagai upaya langkah sudah dilakukan pemerintah baik dari pusat, provinsi dan kabupaten kota.

Kadis Lusi mengatakan terkait dukungan guru tenaga kontrak, pemerintah Provinsi melalui sektor pendidikan SMA/SMK, salah satunya memberikan dukungan tenaga guru dan bantuan lain.

Untuk itu kedepan bila ada quota tentunya akan diakomodir sesuai kebutuhan daerah. Untuk sementara belum bisa ada perekrutan guru karena terjadi refocusing untuk penanganan Covid. (Viki Bria/Red.Tβ.com)

  • Bagikan
error: Content is protected !!