Empat Penjabat Bupati Dilantik, Gubernur NTT Tegaskan Ini

  • Bagikan

TimorBerita, Soe – Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat resmi melantik empat penjabat Bupati di wilayah kabupaten. Pelantikan berlangsung di Lokasi Pertanian Besipae, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Sabtu (27/3/2021).

Empat penjabat yang dilantik, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) NTT,
Zakarias Moruk, sebagai penjabat Bupati Belu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadis PMD) NTT, Viktor Manek sebagai Penjabat Bupati Malaka, Kepala Biro Pemerintahan (Karopem) Setda NTT, Doris Alexander Rihi sebagai Penjabat Bupati Sabu Raijua, dan Kepala Bappelitbangda NTT Cosmas Lana sebagai Penjabat Bupati Sumba Barat.

Keempat Penjabat Bupati yang dilantik Gubernur NTT, berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 131.53-651 tahun 2021 tentang pengangkatan penjabat Bupati di Kabupaten pada Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga:  Gubernur NTT Terpapar Covid di Jakarta Keluarga Negatif

Dalam sambutannya Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mengingatkan keempat penjabat agar bisa mengendalikan dan mengelola pemerintahan di kabupaten masing-masing dengan baik. Sehingga masyarakat di setiap kabupaten bisa terlayani kebutuhan pembangunan dan kesejahteraannya.

Gubernur Viktor juga menekankan agar para Penjabat fokus dan serius terhadap pengendalian dan penanganan Covid-19, di wilayah kabupaten masing-masing.

Selain itu prioritas untuk menangani masalah stunting dan pengendalian jumlah penduduk dari kelompok miskin menuju kesejahteraan.

Baca Juga:  Badai Berlalu, Bupati TTU Panen Padi Sawah Tadahan di Anleu

Untuk itu Gubernur memaksimalkan kesempatan yang ada untuk bisa dikerjakan dengan baik. APBD yang belum direncanakan maupun yang belum berjalan segera dipercepat sehingga tidak menghanbat pembangunan.

Ia juga meminta para penjabat agar kehadirannya untuk mempersatukan masyarakat paska Pilkada. Bukannya mencipatakan kampanye atau mengelompokan masyarakat.

Mantan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI berharap para Penjabat untuk bekerja lebih cepat. Meski tidak lama menjalankan tugas, namun harus memanfaatkan kesempatan dan kepercayaan secara baik. Bisa menggerakan masyarakat dan komponen masyarakat agar masyarakat bisa merasakan kehadiran pemerintah.

Baca Juga:  Sentuhan Program Food Estate, Katrol Sumba Dari Kemiskinan

“ Pemerintah sangat peduli dengan masyarakat. Harus gerak cepat, waktu yang singkat ini harus ada perubahan,” tandasnya.

Hadir dalam pelantikan Wakil Gubernur NTT, Josep Nae Soi, Pimpinan DPRD Provinsi NTT, pimpinan Forkopimda Provinsi NTT, Pimpinan OPD lingkup Pemprov NTT, Pimpinan DPRD Kabupaten TTS, Belu, Malaka, Sabu Raijua, Sumba Barat, dan undangan lainnya.

Keempat penjabat Bupati akan menjalankan tugas dan kewenangannya sebagai Bupati selama kurang lebih tiga puluh hari kedepan. Hingga pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Belu terpilih yang dijadwalkan pada 26 April 2021 mendatang. (mer/gio)

  • Bagikan