Eurico Guterres Terima Bintang Jasa Utama Dari Presiden Jokowi

  • Bagikan

TimorBeritaJakarta || Presiden Jokowi menganugerahkan tanda jasa dan tanda kehormatan kepada sejumlah tokoh yang telah berjasa bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tanda jasa yang diberikan berupa medali kepeloporan dan tanda kehormatan terdiri atas Bintang Mahaputera, Bintang Budaya Parama Dharma dan Bintang Jasa. Jumlahnya sebanyak 335 tokoh yang mendapatkannya.

Salah satu yang mendapatkan tanda kehormatan adalah Eurico Guterres sebagai Ketua Uni Timor Aswa’in dan Ketua Forum Komunikasi Pejuang Timor-Timur (FKPTT) yang dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama.

Bintang Jasa Utama merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan untuk menghormati seseorang atas jasa dan perjuangannya. Penghargaan ini diberikan kepada mereka yang berjasa besar terhadap bangsa dan negara dalam suatu bidang, peristiwa, atau hal tertentu.

Baca Juga:  Posisi Empat, Siswi SMANSa Berpeluang Jadi Paskibra Nasional

Eurico Guterres mengaku sangat terharu dan bangga. Bisa menerima penghormatan dan penghargaan dari negara. Penghargaan ini sangat luar biasa yang diserahkan langsung presiden Jokowi.

“Perasaan saya terharu dan bangga,” ungkap Guterres melalui pesan WhatsAppnya.

Menurut Guterres merasa terharu dan bangga atas keberadaan warga pejuang Timor-Timur di Timor Barat dan di seluruh wilayah Indonesia setelah 22 tahun pasca eksodus akibat jajak pendapat tahun 1999 seolah kehilangan arah.

Baca Juga:  Hotman Paris Salut Aksi Keluarga Akidi Tio Penyumbang Rp 2 Triliun

Sudah 22 tahun kita di Timor Barat sepertinya kita kehilangan arah. Kita seolah merasa ditinggalkan bahkan sesama kita para pejuang pergi meninggalkan satu sama lain hingga hari ini,” tuturnya.

Lanjut EuricoGuterres momentum ini adalah bentuk pengakuan dan penghargaan tertinggi atas segala pengorbanan dan perjuangan seluruh warga pejuang Eks Timor-Timur.

Ia berharap para generasi muda anak anak pejuang Eks Timor-Timur dimana saja berada sudah waktunya untuk bangkit melanjutkan perjuangan menuju masa depan yang lebih baik.

Baca Juga:  Kisah Timor Timur Dari Provinsi Menjadi Negara Timor Leste

Penganugerahan diberikan kepada perwakilan keluarga maupun secara langsung kepada masing-masing penerima bintang jasa oleh Presiden Jokowi, disaksikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Jakarta, Kamis (12/8/2021)

Pemberian tanda kehormatan dilakukan oleh Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan berdasarkan Pasal 28 UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan dan berdasarkan Keputusan Presiden No 76, 77, 78/TK/TH Tahun 2021 tertanggal 4 Agustus 2021. (Rui/ Gio)

  • Bagikan
error: Content is protected !!