Tembus Tanjakan Willy Lay dan J-T.Ose Luan Diterima KPU

  • Bagikan

ATAMBUA,Timorberita.com – Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu, Willy Lay dan J-T. Ose Luan resmi mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu, Minggu (6/9/2020) siang tadi.

Sebelum tiba di KPU, ribuan massa pendukung paket incumbent ini sempat konvoi mengelilingi Kota Atambua. Titik start dari Haliren, Terminal Lolowa, Kantor Pengadilan, Simpang Lima, Katedaral, Sentral, Cabang Tenukiik, Kodim, Polres, Simpang Toko Ria, Prima, Pasar Baru, Flora, BRI, peremapatan Gerbades hingga kantor KPU Kabupaten Belu.

Konvoi kendaraan sempat membuat lalulintas jalan lumpuh. Sepanjang jalan massa pendukung berulang kali meneriak yel yel Sahabat “Sesu la hola….sesu la hola” istilah tetun “Mau Geser tidak bisa”. Sambil diiringi sound system yang terpasang di kendaraan sambil memutar music volume keras mengetarkan Kota Atambua.

Baca Juga:  Orasi Politik Canzio Lopes Getarkan Wemeda, Paket SN - KT Unggul 

Sekitar 500 meter jarak kantor KPU tepatnya di perempatan tugu Gerbades, Willy Lay bersama J-T Ose Luan turun dari mobil dan berjalan kaki melintasi tanjakan menuju kantor KPU. Massa konvoi dikawal ketat anggota aparat Polres Belu hingga tiba di Kantor KPU.

Rombongan tiba di KPU sekira pukul 14.10 wita, Paket Sahabat didampingi pimpinan parpol koalisi dan ketua tim pemenangan, Benny Charis. Tim Paket Sahabat memasuki area Kantor KPU dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga:  Bawaslu Belu Hentikan Kasus Dugaan Pelanggaran Kampanye di Desa Naitimu

Kedatangan Paket Sahabat disambut Ketua dan anggota KPU Belu. Tak lama berselang pasangan bakal calon bersama pengurus parpol pengusung masuk ke aula KPU untuk menyerahkan dokumen syarat pencalonan dan syarat calon.

Enam parpol pendukung dengan jumlah 16 kursi DPRD Belu yakni Demokrat, 4, PDIP 4, PAN 3, Gerindra 3, PPP 1 dan Hanura 1.

Setelah dilakukan registrasi KPU memulasi verivikasi satu persatu dokumen syarat calon dan syarat pencalonan.

Usai penelitian berkas KPU Belu mengumumkan status dokumen persyaratan paket Sahabat dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat sehingga diterima. Selanjutnya paket Sahabat diberikan rekomendasi untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD W.Z Johannes Kupang.

Baca Juga:  Pastikan Bantuan Rp 2.6 miliar Untuk Belu, Ansi Lema Bertemu 13 Kelompok Tani

Sementara Ketua KPU Belu Mikhael Nahak saat awal menyambut kedatangan Paket Sahabat menyampaikan terima untuk Paket Sahabat yang sudah hadir mendaftar sebagai peserta konstestasi Pilkada Belu. Proses pendaftaran merupakan kelanjutan dari proses pencalonan.

Dikatakan syarat pendafataran diterima apabila dokumen syarat calon dinyatakan lengkap.

Keabsahan syarat calon nanti setelah dilakukan verivikasi dan ada masa perbaikan. Sedangkan syarat pencalonan wajib lengkap dan sah. Apabila tidak lengkap syarat pencalonan dengan status ditolak dengan berkas tidak dikembalikan. (rent/tim)

  • Bagikan