Gagal Persiapkan Sekda Defenitif, Penjabat Sekda Belu Terancam Lengser

  • Bagikan

ATAMBUA, Timorberita.com – Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belu, Marsel Mau Meta, terancam lengser dari posisinya. Belum tahu alasan penyebab terjadinya pergantian jabatan itu.

Marsel yang juga Kepala Dinas Keuangan Setda Belu, di lantik dan di ambil sumpah sebagai Penjabat Sekda Belu sejak 29 Juni 2020. Ia menggantikan Sekda Petrus Bere yang sudah mengakhiri masa pensiun.

Kasak kusuk pergantian posisi Penjabat Sekda ini, cukup memantik perhatian masyarakat. Karena berlangsung di saat memanasnya suhu Pilkada Belu.

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Belu, Zakarias Moruk, saat dikonfirmasi Kamis (1/10/2020), membenarkan adanya pergantian posisi penjabat Sekda Belu.

Baca Juga:  BAP Ditunda, Direktur SKM Tidak Hadir Mediasi

“Ya sudah ada di meja saya. SK Gubernur Tentang pengangkatan Penjabat Sekda Kabupaten Belu. Siapa orangnya nanti lihat saja pengambilan sumpah,” sebut Pjs Bupati Belu, usai menjamu kunjungan Wakil Gubernur NTT, di Rumah Jabatan Bupati Belu.

Ia menjelaskan pengangkatan Penjabat Sekda Belu, tidak ada unsur politik sedikitpun. Tetapi di lakukan karena batasan waktu open bidding atau seleksi terbuka lelang jabatan yang di berikan Mendagri selama tiga bulan sudah berakhir 28 September 2020.

Baca Juga:  Warga Makir Datangi DPRD Belu Desak Copot Kades, Tim Kabupaten Turun Lapangan

“Surat Mendagri sudah diterbitkan sejak 8 Juni 2020. Tapi selama tiga bulan penjabat Sekda tidak menjalankan open bidding,” tandasnya.

Sehingga Gubernur mengambil alih mengangkat pejabat Provinsi atau Kabupaten untuk menjadi Penjabat Sekda Belu. Tugas Penjabat Sekda tentunya menjalankan administrasi pemerintahan dan mempersiapkan Sekda defenitif.

“Karena kita terlambat sehingga perlu dipercepat open bidding. Siapa pun Sekda defenitif silahkan,” tegas Zakarias.

Menurut Zakarias pengambilan sumpah Penjabat Sekda, nanti bersamaan dengan pengisian sejumlah jabatan Dinas yang selama ini kosong terjadi rangkap jabatan.

Baca Juga:  Agustinho Pinto Jabat Wakil Ketua Ganti Posisi Mauk Martinus

“Kita sudah jadwalkan pengambilan sumpah Penjabat Sekda Senin ini.,” ujarnya.

Informasi yang beredar melalui whats up grup, bahwa Keputusan Keputusan Gubernur NTT Nomor 816.2.1/ 187/ BKD.3.1. tertanggal 28 September 2020. Tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sebagai Penjabat Sekda Kabupaten Belu. Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat mengangkat Asisten Perekonomian Administrasi Pembangunan Setda Belu, Frans Manafe, menggantikan posisi Marsel Mau Meta sebagai Penjabat Sekda Belu.  (rentimo/tim)

  • Bagikan
error: Content is protected !!