Gaya SN KT Jalan Keliling Kampung Perkuat Peran Komunitas Adat Malaka

  • Bagikan

BETUN, Timorberita.com- Bakal pasangan calon (paslon) Bupati, Dr. Simon Nahak, SH, MH yang berpasangan dengan Louise Lucky Taolin, S.Sos dengan tagline Paket SN-KT terus berkeliling dari desa ke desa untuk melakukan sosialisasi jelang Pilkada Malaka.

Dalam kunjungan keluarga di Makfatin Desa Besikama Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka, Senin (21/9/20), lapisan masyarakat terlihat semangat menanti kehadiran paket SNKT.

Kesempatan itu Simon mengajak masyarakat agar memperkuat peran komunitas adat dalam peran serta pembangunan.

Baca Juga:  Pleno Kabupaten Finish, Simon-Kim Bupati dan Wakil Bupati Malaka Terpilih

Simon yang juga sosok asli anak petani mengatakan peran komunitas adat perlu diperkuat agar nilainya dapat diwariskan secara turun-temurun. Nilai adat-istiadat dan budaya harus dipertahankan dan jangan disepelehkan.

Ketika disepelehkan, tentunya tata krama sopan santun, saling menghargai dan menghormati tidak akan hidup dalam suasana kehidupan sosial, pemerintahan dan pembangunan di wilayah Malaka yang dikenal kabupaten berbudaya ini.

Baca Juga:  Potensi Kabur Timor Leste, Polisi Diminta Tahan Tersangka Penganiayaan Wartawan

Ia mengatakan kebiasaan buruk dan merosotnya semangat saling menghormati dan menghargai perlu dilihat kembali untuk diperbaiki. Sebab jangan sampai ada sistem yang merusak.

“Kalau ada seperti itu, mari kita lawan. Karena, kata Bung Karno, kita tidak bodoh tetapi dibodohi. Kita tidak miskin, tetapi dimiskinkan. Kita sudah merdeka, jadi mesti lawan,” kata Simon dalam sambutannya.

Baca Juga:  Covid Varian Delta Masuk NTT, Anak-Anak Waspada

Program penguatan peran komunitas adat kepemimpinan Paket SN-KT jika terpilih, di antaranya memperkuat kelembagaan adat, balai desa dan honor tokoh adat. Sebab hanya pemimpin berbudaya, beradat yang bisa memperkuat tatanan keasrian budaya Malaka. (joka/ tim)

  • Bagikan
error: Content is protected !!