Gedung Puskesmas Seon Belum Digunakan Sudah Rusak

  • Bagikan

TimorBerita. Betun|| Bangunan Puskesmas Seon, Kecamatan Malaka Timur, Kabupaten Malaka, kondisinya sangat memprihatinkan. Bangunan ini baru rampung di tahun 2021. Ironisnya kondisi bangunannya sudah rusak pada sejumlah titik.

Dugaan kuat pekerjan gedung bertaraf nasional terkesan asal jadi, mutu dan kualitas pekerjaannya diragukan. Buktinya belum digunakan tetapi sudah rusak pada sejumlah titik.

Bangunan Puskemas ini dikerjakan oleh PT. Kasih Sejati Perkasa, menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) pagu sebesar Rp 5 milliar lebih tahun anggaran 2020.

Baca Juga:  Pleno Kabupaten Finish, Simon-Kim Bupati dan Wakil Bupati Malaka Terpilih

Pantauan TimorBerita.com nampak bangunan ini belum digunakan tetapi sudah rusak pada sejumlah titik. Seperti pemasangan bingkai jendela yang sudah terlepas dari tembok, plafon bocor terkena rembesan air.

Selain plafon bocor, tembok penahan dan tiang pelataran parkir Puskesmas sudah retak. Diduga campurannya tidak kuat.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Simon Klau, saat dikonfirmasi mengatakan bangunan tersebut sudah rampung dan sudah dilakukan PHO dari pihak rekanan.

Baca Juga:  Ansi Lema Kunjungi Kelompok KBR Noelbaki

Kini menunggu saja waktu untuk dilakukan penyerahan dari PPK kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka untuk diserahkan kepada Puskesmas agar bisa digunakan.

” Pengerjaannya sudah 100 persen dan sudah PHO. Tinggal menunggu saja untuk di serahkan untuk digunakan,” ujarnya.

Menurut Simon, proses pemeliharaannya selama 180 hari, sehingga terkait sejumlah kerusakan itu nanti akan diperbaiki pihak rekanan.

Baca Juga:  Reses, Warga Usul Pemekaran Desa Litamali, Ini Jawaban DPRD Malaka

“Masih masa pemeliharaan. Kemarin saya sudah kontak kontraktornya, dia bilang tanggal 1 April dia kembali dari Surabaya baru diperbaiki,” ujarnya.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka Paskalia Frida Fahik mengatakan gedung Puskesmas Seon masih masih dalam masa pemeliharaan. Sehingga sejumlah kerusakan segera diperbaiki.

Tentunya dibangun dengan anggaran yang besar sehingga diharapkan pihak rekanan yang masih dalam tanggung jawabnya untuk diperbaiki. ( ciles/ gio)

  • Bagikan
error: Content is protected !!