Gelar Debat Paslon, Masyarakat Akses Via Laman KPU TTU

  • Bagikan

Timorberita. Kefamenanu –Komisi Pemihan Umum Kabupaten (KPU) Timor Tengah Utara , menggelar debat publik putaran pertama pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten TTU.

Kegiatan Debat terbuka berlangsung di Hotel Ariesta Kefamenanu, Sabtu (24/10/2020).

Debat Paslon mengusung tema Paradigma Membangun TTU Dalam Semangat Emansipasi dan Rekonsiliasi. Penyusun materi dari akademisi Universitas Nusa Cendana (Undana) dan Politenik Negeri Kupang (Politani) yakni Prof. Dr. Aloysius Liliweri, MS, Prof Adrianus Amheka, Ph.D , dan Dr. David D.W Pandie, M.S.

Anggota Komisioner KPU TTU Lukas Neno Oki menjelaskan kegiatan Debat Publik dihadiri pimpinan partai politik Kabupaten TTU, masing-masing tim sukses 4 orang. Selain itu, pasangan calon nomor urut 1 Kristiana Muki-Yoseph Tanu dengan tagline Kita Sehati, Paslon nomor urut 2 Hendrikus Frengky Saunoah-Amandus Nahas dengan tagline Fresh dan paslon nonor urut 3, Djuandi David-Eusabius Binsasi dengan tagline Desa Sejahtera.

Baca Juga:  Kampanye Damai, Berbeda Pilihan Tetap Dalam Bingkai TTU

“Kita bekerja sama dengan akademisi dalam penyusunan materi. Dua akademisi dari Universitas Nusa Cendana dan satunya lagi dari Politeknik Negeri Kupang dan ketiganya ikut dalam debat ini,” tandasnya.

Menurut Lukas ada lima segmen debat yakni, segmen pemaparan visi-misi, pendalaman visi misi yang ditanyakan oleh moderator berdasarkan pertanyaan dari panelis segmen yang sama pertanyaan dari panelis yang dibacakan oleh moderator sementara pasangan calon yang lain menanggapi pasangan calon yang ditanya. Segmen tanya-jawab dan saling menanggapi dan segmen yang terakhir adalah closing statement.

Baca Juga:  Warga Marah, Rumah Kepala Dusun Dijadikan Tempat Maksiat

” Ketiga paslon bisa meyakinkan masyarakat untuk memilih Paslon pada 9 Desember nanti,” sebutnya.

Ia menjelaskan tujuan debat publik untuk menyampaikan visi-misi kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa menggunakan hal tersebut sebagai referensi dalam penentuan menentukan pilihannya pada tanggal 9 Desember 2020 nanti.

“Jadi dalam kampanye itu, debat menjadi salah satu metode yang difasilitasi oleh KPU untuk memberikan kesempatan kepada masing-masing pasangan calon untuk menyampaikan visi-misi kepada masyarakat lewat moment debat ini,” jelasnya.

Baca Juga:  Paket Sehati Bangun Belu Dengan Sentuhan Lima Program Unggulan

Ia menjelaskan, jadwal debat selanjutnya masih ada lagi dua kali debat yang akan dilaksanakan14 November 2020 dan jadwal debat terakhir pada 28 Nopember 2020.

“Debat Publik digelar 3 kali. Ini hari debat putaran pertama. Masyarakat bisa akses debat ini langsung dari laman resmi KPU TTU,” jelasnya.

Kegiatan debat publik putaran pertama berlangsung 3 jam lamanya mulai pukul 15:00-18:00 wita berlangsung aman dan lancar hingga selesai. (do santos)

  • Bagikan
error: Content is protected !!