Geliat Pemkab TTU Gelar FGD Tekan Stunting

  • Bagikan

TimorBerita. Kefamenanu || Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (Pemkab TTU) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) atau Diskusi Kelompok Terarah tentang Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku Percepatan Pencegahan Stunting.

Kegiatan FGD dibuka Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten TTU Fransiskus B.Fay berlangsung di Hotel Victory Kamis (7/10/2021).

Hadir Kepala Dinas Kesehatan TTU, Thomas Laka dan pihak Yayasan Sayangi Tunas Cilik selaku mitra Save the Children.

Baca Juga:  Bupati TTU Janji Naikan Gaji Tekoda & Terima Setiap Bulan

Bupati TTU David Juandi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Pj. Sekda Kabupaten TTU, Fransiskus Bait Fay, S.Pt., M.Si, menjelaskan strategi komunikasi perubahan perilaku sangat penting untuk menjadi alternatif percepatan penurunan stunting.

Lebih lanjut Bupati David Juandi menjelaskan, stunting akibat kekurangan gizi yang terjadi pada 1000 hari pertama kehidupan (HKP) tidak hanya menyebabkan hambatan pada pertumbuhan fisik dan meningkatkan kerentanan terhadap penyakit.

Baca Juga:  Tuntut Batalkan Hasil PTT Pendemo Usung Peti Jenasah

Namun juga mengancam perkembangan kognitif yang akan berpengaruh pada tingkat kecerdasan dan produktivitas anak serta risiko terjadinya gangguan metabolik hingga risiko terjadinya penyakit degeneratif seperti diabetes melitus, hiperkolesterol dan hipertensi di usia dewasa.

” Strategi komunikasi perubahan perilaku merupakan salah satu strategi jangka panjang dalam upaya menurunkan angka stunting,” tandasnya.

Baca Juga:  Server Sudah Normal Silahkan Datangi Dukcapil TTU

Bupati TTU menegaskan agar pemerintah desa perlu didorong untuk berkontribusi nyata dalam penanggulangan stunting dengan menggunakan dana desa sebab secara regulatif hal itu dimungkinkan.

Selain itu, dengan sumber daya yang memadai dapat membantu mengatasi persoalan stunting.

” Persoalannya bagaimana mengoptimalkan dan bersinergi berbagai sumber daya yang ada,”tegasnya. (Rey/Joo).

  • Bagikan