Genjot Ekonomi Masyarakat, Projamin Belu Bergerak di Pandemi Covid-19

  • Bagikan

Timorberita. Atambua II Organisasi masyarakat Profesional Jaringan Mitra Negara/Pro Jokowi Ma’ruf Amin (Projamin) resmi hadir di Kabupaten Belu.

Kantornya terpusat di Lolowa, Kelurahan Lidak, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu Provinsi NTT. Projamin hadir dengan berbagai program yang menggiurkan bagi masyarakat Rai Belu.

Di dalam tubuh Projamin ada sayap kanan yaitu Garuda Muda Pro Jamin (GMP), sayap kiri Badan Advokasi LBH Nasional Pro Jamin (Balnas) dan jantung dari semua ini adalah Koperasi Projakop.

Profesional jaringan mitra negara (Projamin) adalah Organisasi kemasyarakatan non profit dan bukan organisasi politik. Tetapi organisasi yang bergerak di bidang kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Pemberdayaan masyarakat yang dimaksudkan adalah untuk melihat peluang-peluang yang ada di masyarakat seperti sumber daya alam dan sumber daya manusia guna meningkatkan pendapatan serta tercapainya masyarakat yg hidup sejahtera.

Terbukti Rabu (24/3/2021) di Kelurahan Fatubenao, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu, diserahkan secara simbolis buku keanggotaan Projakop, penyerahan anakan sengon laut dan penanaman secara simbolis.

Hadir dalam kegiatan Ketua DPD GMP Provinsi NTT, Dura Ena Blegur, Ketua DPC GMP Kabupaten, Danny PB, S.Tr.T., SH. Ketua Projakop Kabupaten Belu, Ketua DPC Projamin Kabupaten Belu, Alfred Djitro Fandoe, Ketua Projakop Belu, Simon Sira Ene, BcT, dan Ketua Balnas, Martinus Sobe Anin, SH.

Hadir juga dalam kesempatan itu perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Belu, Perwakilan dari Kecamatan Kota Atambua, Lurah Fatubanao Joseph Kaseng Laka, Tokoh Masyarakat setempat, Ketua dan Anggota Kelompok Tani Projamin Karya Talau Fatubenao.

Kegiatan ini memperhatikan protokol Covid-19. Rangkaian acara penanaman simbolis anakan sengon laut di Kelompok tani Projamin Karya Talau yang beranggotakan 10 orang yang sudah menjadi anggota Projakop Cabang Belu berlangsung dengan lancar.

Ketua GMP NTT, Dura Ena Blegur dalam sambutannya mengatakan sebagai pewakilan seluruh pemuda pemudi NTT, hadir di berbagai daerah dan pelosok NTT untuk menggerakan dan mendampingi program ini.

” Kita tidak bergerak sendiri tetapi kita bersama unsur pemerintahan yang ada mulai dari tingkat atas hingga tingkat yang paling bawah untuk bersama mengawal program ini,” tandas pria kelahiran Alor ini.

Ia mengajak semua pihak untuk memberikan motivasi kepada generasi muda agar mau bergabung dengan organisasi kemasyarakatan ini. Program Projamin mendorong dan ekonomi masyarakat.

Sementara Lukas Letomau ketua kelompok tani Projamin Karya Talau mengaku bangga dan senang. Ia berterimakasih karena adanya Projamin dirinya bisa memanfaatkan semua potensi yang ada.

Untuk mensejahterakan keluarga dan mengisi waktu luang di usianya yang terbilang sudah tidak muda lagi.

Sementara Lurah Fatubenao Josep Laka dalam sambutannya mengatakan Projamin yang memiliki program istimewa karena sangat menyentuh masyarakat kecil. Buktinya hari ini Kelurahan Fatubanao dijadikan sebagai salah satu lokasi penanaman simbolis.

Dimana sekarang orang tidak lagi bersyukur dengan bumi yang telah dianugerahkan malah merusak alam.

“Oleh karena itu saya terimakasih kepada Projamin dan Projakop karena ini bisa dijadikan pemantik untuk masyarakat kelurahan Fatubanao bagaimana mencintai lingkungan dengan menata lingkungan melalui proses menanam,” tandasnya.

Hal ini tentu sejalan dengan program kerja Lurah dimana ingin menjadikan kelurahan Fatubanao sebagai Kelurahan terbersih di NTT dan kelurahan yang cantik, hijau asri dan nyaman.

” Saya juga akan mengajak semua masyarakat dan unsur perangkat kelurahan untuk bergabung bersama Projamin dan Projakop,” tutupnya.

  • Bagikan