Gunakan Honda Beat, Kapolda NTT Jangkau Korban Banjir Bandang Adonara

  • Bagikan

TimorBerita. Adonara|| Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif menyewa sepeda motor ojek untuk memantau kondisi warga korban banjir bandang di Desa Nelalemadike Adonara Flores Timur.

Kapolda NTT harus menempuh perjalanan sekitar 30 kilometer hingga tiba di lokasi tujuan. Kehadirannya di wilayah paling parah banjir bandang untuk mengantar bantuan kemanusiaan.

Untuk tiba di lokasi itu, Kapolda NTT menyewa sepeda motor honda beat yang disewa dari warga di Kelurahan Waiwerang menuju Desa Nelalemadike. Ia membonceng ajudannya sambil membawa bantuan kemanusiaan.

Baca Juga:  Rakor FKUB Belu, Bupati Minta Tokoh Agama Lawan Isu Sesat

Bantuan berupa bahan makanan, alas tidur, terpal, obat-obatan, masker, handsanitizer, vitamin dan perlengkapan tidur.

Kapolda NTT didampingi Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto dan Kapolres Flores Timur, AKBP I Gusti Putu Suka Arsa serta Dandim 1624/Flores Timur, Letkol Imanda. Masing-masing mengendarai sepeda motor sewaan untuk mengantar bantuan kemanusiaan.

Saat tiba Kapolda bersama rombongan menemui warga dan meninjau rumah warga yang sudah rata dengan tanah. Lokasi Desa Nelalemadike menjadi desa paling parah diterjang banjir bandang.

Baca Juga:  Reses, Warga Usul Pemekaran Desa Litamali, Ini Jawaban DPRD Malaka

Selain itu meninjau posko kesehatan dan dapur umum dan memberikan penguatan dan semangat kepada petugas kesehatan, relawan dan petugas Basarnas.

Ia juga memberikan penguatan kepada warga yang kehilangan tempat tinggal.

Kapolda NTT Lotharia Latif mengatakan kehadiran Polri dan TNI merupakan bukti kehadiran negara untuk membantu masyarakat yang terkena musibah bencana alam banjir bandang.

“Kami terpaksa menembus desa ini dengan sarana ojek sambil membawa bantuan meringankan beban masyarakat,” ujar Kapolda NTT kepada wartawan, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga:  Bupati Simon Nahak Salurkan 196.450 Ton Beras Untuk Warga Malaka

Sekedar tahu, akses jalan di wilayah Kecamatan Adonara Timur dan Ile Boleng, Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, NTT lumpuh total pasca banjir bandang dan longsor menerjang wilayah itu.

Sejumlah ruas jalan putus terutama di sekitar Kelurahan Waiwerang, Desa Nelalemadike dan Desa Lamalaka tergerus banjir. Jembatan pun putus. Warga membangun jembatan darurat dan hanya bisa dilalui pejalan kaki.(dtc/nia)

  • Bagikan
error: Content is protected !!