Injury Time, Bupati Ray Lantik Penjabat Sekda TTU

  • Bagikan

TimorBerita. Kefamenanu- Injury time atau dipenghujung masa kepemimpinan, Bupati Timor Tengah Utara (TTU) Raymundus Sau Fernandes melantik Fransiskus Fay sebagai penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten TTU.

Pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung di Aula lantai II Kantor Bupati TTU, Senin (8/2/2021).

Fransiskus dilantik untuk menggantikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Fransiskus Tilis yang telah purna tugas atau pensiun sejak Januari 2020 lalu.

Acara serimonial pelantikan tersebut dihadiri oleh Pimpinan Organisasi Perangkat daerah (OPD), dan jajaran Muspida yakni Waka Polres TTU, Kajari TTU dan ketua Pengadilan Negeri TTU.

Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes dalam sambutannya mengatakan, pelantikan Penjabat Sekda ini dilakukan karena penjabat sebelumnya sudah purna tugas (Pensiun) sejak Januari lalu.

Baca Juga:  Enam Tahun "Gantung" Nasib 22 Desa, KM3N Kecam Bupati TTU

Penjabat Sekda akan bertugas mengisi jabatan tersebut sambil menunggu pejabat Sekda definitif yang sedang berproses atau dalam tahapan seleksi.

Dikatakan tugas Penjabat Sekda yang baru untuk membantu mengurus birokrasi pemerintahan, aparatur sipil negara (ASN) dan kepentingan politik dari Bupati dan Wakil Bupati.

“Oleh karena itu penting sekali karena dasar pijakannya adalah aturan hukum yang berlaku. Apabila aturan hukum dibuat dengan baik pastinya akan berjalan dengan aman sampai dengan adanya Sekretaris Daerah definitif,” ujar Bupati TTU dua periode ini.

Baca Juga:  Bupati TTU Ingatkan SKPD Bekerja Profesional, Tidak Mampu Disanksi

Sementara Fransiskus Fay mengatakan selaku penjabat Sekda dirinya dilantik untuk membantu Bupati dan Wakil Bupati TTU untuk mengurus pemerintahan di Kabupaten TTU sesuai perintah aturan yang berlaku. Masa tugas sampai terpilihnya Sekda definitif. Selain itu melancarakan kesiapan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati TTU terpilih.

“Saya menggantikan penjabat lama karena sudah pensiun. Tugas saya membantu mengurus daerah ini sampai ada pejabat Sekda defenitif ,” ujarnya.

Sekedar tahu, Penjabat Sekda TTU Fransiskus Tilis dilantik sejak 16 Oktober 2019 lalu. Ia dilantik untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda TTU Jakobus Taek Amfotis yang sudah pensiun sejak Desember 2018.

Baca Juga:  Para Kades Dingatkan Kelola Dana Desa Sesuai Regulasi

Salah satu tugas dari penjabat Sekda yang dilantik, yakni untuk mempersiapkan untuk proses pengisian pejabat sekda definitif.

Penjabat Sekda TTU Fransiskus Tilis, hingga memasuki usia pensiun selama 1 tahun 5 bulan, belum juga ada Sekda Defenitifnya.

Sehingga Bupati TTU kembali melantik Frans Fay sebagai Penjabat Sekda TTU, yang sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda TTU akibat keksongan jabatan Penjabat sekda TTU yang pensiun. (Ito/11-TB.com)

Editor Giovanni Elias

  • Bagikan