Jalan Provinsi Rusak, Warga Watukamba Swadaya

  • Bagikan

TimorBerita. Ende || Ruas jalan provinsi lintas utara di Kabupaten Ende kondisinya memprihatinkan. Para pelintas harus ekstra waspada bila tidak bisa terjadi kecelakaan.

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan masyarakat Desa Watukamba, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende Jumat (13/8/2021) swadaya memperbaiki titik kubangan jalan yang rusak.

Masyarakat berinisiatif memperbaiki ruas jalan yang rusak tepatnya di tanjakan Mage Dhaga. Titik ruas ini sangat beresiko karena kondisi jalannya yang sempit dan berlobang. Juga dari arah timur bagian kiri terdapat bukit dan pepohonan yang tinggi dan bagian kanan terdapat jurang terjal.

Tokoh Pemuda Muharif Dhiga menuturkan warga berinisiatif untuk mrmperbaiki jalan karena kondisinya memprihatinkan. Ini merupakan murni swadaya masyarakat desa Watukamba yang merasa prihatin karena sering terjadi kecelakaan lalu lintas pada titik ruas jalan ini.

Baca Juga:  Bupati TTU Bongkar Pasang ASN, Siapa Untung

Muharif yang biasa disapa Nando mengaku masyarakat bergerak swadaya. Bentuk partisipasi masyarakat berupa dukungan tenaga, material dan uang dengan jumlah bervariasi.

“Iya, warga menyumbang uang bervariasi ada yang sumbang Rp 10 ribu hingga Rp 100 ribu dan ada yang sumbang material,” tandas Nando dilansir wacananews.co.id.

Ia menambahkan masyarakat berinisiatif untuk memperbaiki jalan provinsi sambil menungggu realisasi janji kampanye Gubernur Viktor B. Laiskodat dan Wakil gubernur Josep A. Naesoi yang sudah janji untuk perbaiki ruas jalan provinsi. Janji ini disampaikan saat kampanye pemilihan gubernur (Pilgub) tahun 2018 lalu.

Baca Juga:  Tujuh Tahun Klaim Tanah Ulayat, Begini Saran DPRD Belu

“Saat masa kampanye bapak Gubernur dan Wakil Gubernur NTT sudah janji untuk pembangunan jalan provinsi ini. Saat ini kita masyarakat tunggu saja janjinya. Walaupun situasi pendemi saat ini, tetapi tidak menjadi alasan untuk tidak menepati janji kampanye,” ujar Nando Pemuda Watukamba Ende.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ende Erik Emanuel Rede meminta masyarakat untuk bersabar karena untuk tahun ini ruas jalan provinsi di kabupaten Ende sudah bisa dibangun.

Menurut Erik anggarannya sudah ada tinggal menunggu tahapan pengejaan ruas jalan provinsi ini. Pembangunan lima ruas jalan provinsi di Kabupaten Ende akan dikerjakan tahun 2021.Termasuk jalur Maurole – Kota Baru.

Baca Juga:  Rusak Parah, Bupati Malaka Minta Perbaiki Jalan Provinsi

” Lima ruas jalan provinsi di Ende akan dikerjakan ini. Tahun anggaran 2021 termasuk ruas jalur Maurole -Kota Baru dikerjakan tahun ini,” tandas Erik.

Erik yang juga Fraksi Nasdem DPRD Ende ini menjelaskan untuk ruas jalan Detusoko-Maurole sepanjang 10.90 KM, anggarannya Rp 20.846.250.000. Ruas jalan Kaburea-Maukaro-Nabe panjang 8.26 KM anggarannya Rp 15.797.250.000.

Sedagkan ruas jalan Provinsi Wologai -Detukeli volume panjang 4.01 KM anggaran Rp 7.669.125.000. Ruas jalan Nabe-Ranakolo panjang 1.47 KM anggaran Rp 2.811.375.000. Ruas jalan Maurole-Kotabaru-Koro panjang 4.03 KM anggaran Rp 7.707.375.000, dan Ende-Nuabosi panjang 1.00 KM, dengan anggaran Rp 1.912.500.000. (*/wnci/gio/TĪ²com)

  • Bagikan
error: Content is protected !!