Kades Berhalangan Rapat LKPJ, Begini Tanggapan Dinas PMD TTU

  • Bagikan

TimorBerita. Kefamenanu || Rapat penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) dan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Akhir Masa Jabatan Kepala Desa Matabesi, gagal digelar tanpa ada konfirmasi.

Meski warga dan Anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) serta undangan dari pemerintah Kecamatan Biboki Moenleu, sudah berada di kantor desa untuk digelar rapat pada Senin (31/5/2021) pukul 08.00 Wita.

Undangan tertulis yang dikeluarkan BPD Matabesi akhirnya batal dilaksanakan. Saat itu sudah hadir semua undangan termasuk Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Yasintus Naben dan Kasi Trantib Delfianus Manehat dan tokoh masyarakat setempat.

” Kami sudah keluarkan undangan sejak Jumat tiga hari lalu untuk rapat hari Senin pagi. Tetapi Kepala Desa malah tidak datang dan tidak ada konfirmasi tertulis ataupun lisan. Padahal warga anggota BPD, Pak Sekcam dan Kasi Trantib sudah hadir,” tandas Ketua BPD Matabesi Paulus Fio.

Menurut Paulus persiapan rapat LPPD dan LKPJ akhir masa jabatan Kades, semuanya dilakukan sesuai aturan surat menyurat resmi. Sehingga jika ingin menunda mestinya dikonfirmasi bersurat atau lisan sehingga tidak terjadi tumpang tindih pelaksanaan rapat ini.

” Mau batal atau tunda mestinya konfirmasi balik sehingga bisa jelas dan kita bisa keluarkan surat penundaan,” tandas Paulus.

Ia menambahkan meski begitu pihaknya sudah berkoordinasi lagi dengan pihak kecamatan dan Kabupaten agar bisa dijadwalkan penundaan rapat LPPD dan LKPJ akhir masa jabatan Kepala desa, sebagai syarat regulasi.Apalagi masa tugas Kades akan berakhir dalam satu minggu lagi.

Baca Juga:  Meski Menuai Protes, Bupati TTU Tetap Buka Pameran

Sementara terkait alasan ketidakhadiran dalam rapat tersebut, Kepala Desa Matabesi Gaspar Manek Uskenat saat dikonfirmasi via handphone selulernya membenarkan undangan tertulis yang dikeluarkan BPD dengan agenda pelaksanaan rapat LPPD dan LKPJ Desa Matabesi.

Namun terjadi penundaan karena alasan waktu sehingga terpaksa jadwal rapat yang mesti digelar Senin (31/5/2021) pukul 08.00 Wita sesuai undangan BPD terpaksa harus ditunda beberapa hari kedepan.

” Tunda satu dua hari ini KK (wartawan-red) karena masih menyesuaikan waktu, agar rapat penyampaian laporannya berjalan baik dan lancar,” pesan Kades Gaspar melalui whatsapp.

Sementara Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Egidius Sanan saat dikonfirmasi Kamis (3/ 6/2021) menjelaskan untuk wilayah Kecamatan Biboki Moenleu terdapat lima desa yang akan berakhir masa jabatan pada 6 Juni ini.

” Ada lima kepala desa termasuk Matabesi yang sudah berakhir masa jabatan. Sehingga kita sudah jadwalkan untuk pelantikan Penjabat Kepala Desa Kamis 11 Juni di kantor Camat Biboki Moenleu,” jelas Egidius.

Egidius menjelaskan diakhir masa tugas menjadi kewajiban kepala desa untuk melaksanakan kewajibannya yakni rapat LPPD dan LKPJ yang dipimpin oleh BPD setempat. Mestinya dilakukan paling lambat 3 bulan sebelum akhir masa jabatan.

Baca Juga:  Enam Tahun "Gantung" Nasib 22 Desa, KM3N Kecam Bupati TTU

Lanjut Egidius yang terjadi di TTU banyak kades satu minggu sebelum diakhir masa jabatannya baru menggelar LPPD dan LKPJ, sehingga itu masih diberikan toleransi selagi ada niat untuk bertanggungjawab dari Kades yang bersangkutan. Ada juga desa yang Kadesnya sudah berakhir masa tugas baru menggelar LPPD dan LKPJ.

” Ini tidak sesuai ketentuan karena aturannya LKPJ harus dilakukan paling lambat tiga bulan sebelum berakhir masa jabatan. Ada juga sudah berakhir tapi tidak lakukan LKPJ sehingga itu menjadi alasan untuk tidak maju lagi sebagai Kades, karena itu kewajiban yang harus dipenuhi,” tandas Egidius.

Plt Kepala Dinas (Kadis) PMD Setda TTU menambahkan LPPD dan LKPJ menjadi kewajiban Kepala Desa di akhir masa jabatannya yang dilaksanakan melalui rapat BPD. Selanjutnya BPD menyampaikan LPPD dan LKPJ kepada Bupati melalui Camat.

” BPD harus paham jangan sampai terkecoh, terutama item item yang direncanakan RPJMDes selama enam tahun, dan RKPDes dan RPJMDes. LPPD dan LKPJ harus disampaikan kepada BPD untuk selanjutnya direkomendasikan kepada Bupati melalui Camat,” tegas Egidius.

Sebelumnya diberitakan, Badan Permusyawatan Desa (BPD) Desa Matabesi Kecamatan Biboki Moenleu, Kabupaten Timor Tengah Utara, menggelar rapat penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) dan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Akhir Masa Jabatan Kepala Desa periode 2015 – 2021.

Baca Juga:  Mantan Walikota Kupang Divonis Bebas, Belum Finish JPU Banding

Rapat tersebut akan digelar di aula rapat kantor Desa Matabesi, Senin (31/5/2021) pukul 08.00 Wita.

Rapat LPPD dan LKPJ akan dipimpin langsung oleh Ketua BPD Matabesi, Paulus Fio dan dihadiri perangkat desa, anggota BPD Desa Matabesi serta undangan dari instansi kecamatan.

Ketua BPD Matabesi Paulus Fio kepada media ini Minggu (30/5/2021) mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada kepala desa Matabesi Berdasarkan Permendagri Nomor 46 Tahun 2016 tentang Laporan Kepala Desa.

Menurut Paulus, BPD Matabesi sudah keluarkan surat undangan resmi sejak Jumat 25 Mei 2021, Perihal Rapat LPPD dan LKPJ Akhir Masa Jabatan Kepala Desa Periode 2015 – 2021. Tembusan surat kepada Bupati TTU, Kepala Dinas PMD, Camat Biboki Moenleu.

” Besok Senin (Hari ini- Red) kami gelar Rapat LPPD dan LKPJ akhir masa jabatan Kades. Sejauh ini persiapannya sudah finis semoga rapat berlangsung aman dan lancar,” tandasnya.

Paulus menambahkan, dalam rapat tersebut kepala desa wajib menyampaikan laporan pertanggung jawaban penyelenggaran pemerintahan setiap tahun dan LKPJ masa akhir jabatan. (Bell/oni)

  • Bagikan