Kakanim Atambua Sidak PLBN Motaain, Pelayanan Perlintasan Terganggu

  • Bagikan

TimorBerita, Atambua – Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas II Atambua, Kiagus Abdul Halim kembali melakukan sidak pada kantor pelayanan PLBN Motaain Selasa, 17 Mei 2022.

Saat sidak ditemukan pelayanan perlintasan terganggu dengan proses pelayanan perlintasan khususnya perlintasan WNA yang akan masuk ke wilayah Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas II Atambua, Kiagus Abdul Halim menjelaskan sasaran dari sidak adalah untuk memastikan kedisiplinan bawahannya dalam memberikan pelayanan kepada para pelaku perjalanan antar negara.

Baca Juga:  Jokowi Jadi Pemimpin Negara Asia Pertama ke Ukraina

“Kegiatan sidak terkait kedisiplinan pegawai dan kegiatan pelayanan di TPI Motaain,” tulis K.A. Halim melalui pesan singkatnya.

Dari hasil kegiatan sidak ini, lanjut K.A. Halim, kegiatan pelayan perlintasan pada TPI Motaain dibuka tepat waktu. Petugas siap melayani pelintas seusai jadwal pukul 08.00 Wita

Dikatakan hasil sidak ditemukan permasalahan jaringan yang menyebabkan terganggunya proses pelayanan perlintasan khususnya bagi perlintasan WNA yang akan masuk ke wilayah Indonesia.

Baca Juga:  Polres Belu Limpahkan Berkas Enam Tersangka PPLN

Diduga terganggunya kerusakan akibat peralihan jaringan sebelumnya ke Manggoesky.

“Permasalahan terkait jaringan ini telah terjadi sejak Sabtu, 14 Mei 2022 yang menyebabkan terjadinya antrian yang cukup panjang. Terutama saat jam kedatangan travel dari Timor Leste yang membawa penumpang WNA akan masuk ke Wilayah Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Halim, permasalahan antrean ini disebabkan karena sistem BCM pada saat memeriksa dokumen perjalanan memerlukan waktu cukup lama. Dimana satu pelintas WNA membutuhkan waktu kurang lebih 8-10 menit.

Baca Juga:  Begini Pesan Bupati Belu Aktivitas Ekspor Impor Diperbatasan Negara

Menurut Halim solusi jangka pendek yang telah dilakukan yakni petugas Imigrasi melalui Supervisor Imigrasi PLBN Motaain telah melaporkan permasalahan tersebut kepada Tim IT, sehingga untuk saat ini masih dalam proses perbaikan.

“Tim Tikomkim Atambua sudah turun ke PLBN Motaain untuk mengatasi permasalahan ini, namun belum berhasil karena hanya pihak vendor atau telkomsat yang bisa mengatasi (luar kendali Kanim Atambua),” jelas Halim.

  • Bagikan