Kawal Suara Pilkada, Golkar TTU Gelar ToT Siapkan Saksi Hebat

  • Bagikan

TimorBerita. Kefamenanu – Dewan Pengurus Daerah (DPD) II Partai Golkar Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menggelar kegiatan Training of Trainer (ToT) atau pelatihan saksi untuk 72 trainer tingkat kecamatan.

Kehadiran saksi hebat yang disiapkan dari paket desa sejahtera untuk mengawal suara Pilkada TTU 9 Desember mendatang.

Kegiatan ini bertempat di Kantor DPD II Partai Golkar TTU, di Kefamenanu Senin (23/11/2020).

Ketua DPD II Partai Golkar TTU, Krisforus Efi menjelaskan kegiatan ToT bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi trainer tingkat kecamatan.

Pelatihan saksi tingkat kecamatan ini yang akan melatih saksi TPS di tingkat desa kelurahan.

Baca Juga:  Kampanye di Mutis David dan Eus Turun ke Sawah  

Menurut Kristoforus, kehadiran saksi memiliki peran strategis untuk mengawal suara paslon bupati dan wakil bupati khususnya paket Desa Sejahtera.

Sehingga saksi saksi perlu dipersiapkan untuk memahami tugas pokok dan fungsi (Tupoksi). Khususnya sebagai saksi di hari pemungutan suara 9 Desember ini.

” Saksi ini harus tahu apa tupoksinya di TPS. Harus fokus selama proses pencoblosan hingga penghitungan suara selesai. Merekap hasil suara dan mengambil dokumentasi sebagai bentuk pertanggung jawaban dan lainnya,” ujar Pengurus Hipmi NTT ini .

Mantan Ketua PMKRI Cabang Kupang berharap kehadiran 72 saksi trainer tingkat kecamatan, yang di delegasi dari 3 orang setiap kecamatan berperan aktif.

Baca Juga:  SN-KT Unggul, Parpol Koalisi "Kurus" Puji Masyarakat Malaka

Menyiapkan saksi saksi terbaik di tingkat TPS untuk diberikan penguatan sehingga mengawal suara pilkada TTU.

Sementara Calon Bupati Drs. Djuandi David berpesan agar para peserta mengikuti Pelatihan ToT dengan baik. Sebab pelatihan saksi tingkat kecamatan yang akan memberikan pelatihan materi lanjutan kepada saksi TPS.

” Kita harap bisa ikuti dengan baik karena saksi punya peranan strategis 9 Desember mendatang,” ujar Mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga TTU ini.

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten TTU mengatakan kehadiran saksi sebagai penentu untuk menjaga TPS, menjaga suara pemilih, dari segala bentuk kecurangan. Sehingga perlu dipersiapkan agar bisa mengawal suara pilkada.

Baca Juga:  KPU TTU Ketuk Palu, David -Eusabius Sah Bupati dan Wabup Terpilih

Hadir dalam kegiatan ToT yakni Ketua Badan Saksi Provinsi, Muhamad Ansor yang juga Anggota DPRD NTT Fraksi Golkar Dapil Kota Kupang.

Selain itu Tim Trainer dari Provinsi, salah satunya Mantan Ketua KPU Kota Kupang Marianus Minggo.

Kegiatan ToT di hadiri pasangan calon bupati wakil bupati Drs. Juandi David dan Drs Esabius Binsasi. Paket Desa Sejahtera ini diusung partai Golkar, PKB dan Gerindra. (Bell)

  • Bagikan
error: Content is protected !!