Peluncuran Digital Permata Flobamorata 2021 Dari Puncak Waringin

  • Bagikan

TimorBerita. Labuan Bajo || Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia, Jumat (18/6/2021) melakukan peluncuran Kilau Digital Permata Flobamorata dalam bingkai “Bangga Buatan Indonesia” dilaksanakan di Puncak Waringin  Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat  Nusa Tenggara Timur.

Acara peluncuran  dibuka secara resmi  dalam jaringan Wakil Presiden RI  Prof.DR. KH. Amin Ma’ruf dari Istana Wakil Presiden.

Dalam sambutan pembukaan Wakil Presiden mengajak seluruh anak bangsa untuk mencintai dan menggunakkan produk-produk dalam negeri terlebih  produk-produk dari pelaku UMKM.  Karena produk UMKM berkontribusi sangat besar dalam  mendongkrak pemulihan ekonomi nasional di era pandemi covid-19 ini.

Pemerintah sangat serius  untuk mendorong kemandirian ekonomi nasional melalui gerakan nasional ini dengan melibatkan para pelaku UMKM. Pembangunan infrastruktur digital terus dilanjutkan dengan harapan Tahun 2023 seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau jaringan  internet.

Baca Juga:  Bupati Lantik "Pasukan" Tim Penggerak PKK TTU

Dengan peluncuran Kilau  Digital Permata  Flobamorata maka produk-produk  UMKM  di NTT sudah harus masuk dalam ruang digital sehingga terjadi transformasi ekonomi melalui digitalisasi ekonomi.
Hadir secara langsung di Labuan Bajo dalam kesempatan  peluncuran Kilau  Digital  Permata Flobamorata tersebut antara lain, Menteri Koordinator  Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Komunikasi dan Informatika  Johny G Plate,  Gubernur NTT Viktor B Laiskodat, Direktur Utama  Link Aja dan para Bupati/Walikota Se-NTT. 

Yang hadir dalam acara peluncuran dimaksud  dari Kabupaten TTU, Ketua DPRD Hendrikus F Bana, dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kristoforus Ukat mewakili Bupati TTU.

Selain itu juga ikut memberikan pengarahan secara virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gubernur  BI,  Menteri Dalam Negeri serta Menteri Desa,  PDT dan Transmigrasi.

Bupati Manggarai Barat,  Editasius Endi, dalam sambutan mengatakan,  produk-produk unggulan dari UMKM yang ada di NTT cukup banyak dan beraneka ragam. Tentunya potensi-potensi  ini merupakan suatu kekuatan ekonomi yang patut didorong oleh pemerintah di masa pandemi ini karena hanya UMKM yang mampu bertahan dan tetap survive  dalam situasi saat ini, tegas Edi, sapaan akrab  orang nomor  satu di Kabupaten paling barat Propinsi NTT ini.

Baca Juga:  Pemkab Malaka Bangun Tiga Puskesmas Berstandar Nasional

Lanjutnya,  bangsa  Indonesia memiliki semuannya. Yang masih sangat kurang  adalah kemampuan untuk mengelola menjadi sesuatu yang menarik.  Sehingga harus mencintai produk Indonesia. Di era digitalisasi kita mampu memasarkan produk kita ke mana saja. 

Di era kebangkitan ini harus bangkit bersama untuk  membuat produk lokal NTT  menjadi  produk yang menarik. Bangga Buatan Indonesia  bertujuan agar anak bangsa bangga dengan produk buatan Indonesia.  Dari NTT  untuk Indonesia.

Sementara itu Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G Plate sebagai pihak yang menginisiasi kegiatan ini mengatakan, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) Tahun 2021 ini adalah tahun  kedua dalam mempromosikan produk-produk Indonesia termasuk produk UMKM   melalui ruang digital.

Baca Juga:  Wow Kejutan Kartu Prakerja Gelombang 12 Siap Realisasi, Begini Syaratnya

Promosi potensi wisata melalui jaring pariwisata, on line BUMDES serta berbagai media lainnya  merupakan wadah untuk memasarkan produk-produk  UMKM secara digital.
Tujuan BBI ini  untuk mendorong penguatan produk-produk  dalam negeri dengan penggunaan  platform digital.
Pembangunan  SDM  di bidang  digital perlu ditingkatkan agar ruang-ruang digital Indonesia tidak disalahgunakan.

Infrastrukstur digital yang ada agar  dimanfaatkan  secara  maksimal  oleh pelaku UMKM Indonesia yang berjumlah kurang lebih 64 juta dan harus mengisi  ruang digital Indonesia terlebih dahulu.

Menjaga dan membangun kekuatan ruang digital agar tidak ada heckers.  Dengan demikian  perlu dibangun security digital dimana data pribadi akan selalu terjaga  dan aman di ruang digital. (kend)

  • Bagikan
error: Content is protected !!