Kemenlu RI Serahkan Wilfrida Soik Kepada Pemprov NTT

  • Bagikan

TimorBerita.Kupang || Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi menerima kunjungan Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri RI, Andy Rachmianto di Ruang Kerja Wagub, Kamis (20/5/2021).

Pertemuan ini untuk menandatangani Berita Acara Serah Terima WNI Wilfrida Soik yang terbebas dari Hukuman Mati. Selanjutnya urusan Wilfrida menjadi tanggungjawab Pemerintahan Provinsi NTT.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Koperasi, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi NTT Silvy Pekudjawang, Kepala Badan Perlindungan Pekerja migran Indonesia Provinsi NTT Siwa dan perwakilan keluarga Walfida Soik.

Dihadapan Dirjen Protokol dan Konsuler Kemenlu RI, Wakil Gubernur (Wagub) Josef Nae Soi menyampaikan terima kasih kepada Kemenlu yang dengan caranya sudah membebaskan Wilfrida Soik. Selanjutnya pemerintah Provinsi NTT akan terus memperhatikan dan memantau kondisi Wilfida Soik pasca pemulangannya dari Jakarta ke NTT.

Baca Juga:  Ini Daftar Pemenang Sayembara Golkar NTT, Rakyat Bicara Golkar Mendengar

” Saya selaku Pemerintah Provinsi dan mewakili masyarakat NTT berterima kasih kepada Kemeterian Luar Negeri yang telah melakukan segala upaya dan kerja keras membebaskan saudara kita Wilfrida Soik,” ucap Wagub Josef.

Menurut Wagub Josef Pemprov NTT, siap memfasilitasi pemulangan Wilfrida dari Kupang sampai ke kampung halamannya. Untuk membantu pemulihan Wilfrida melalui Dinas Koperasi Nakertrans Provinsi NTT dan PP2MI.
” Kita akan memfasilitasi pemulangan dari kupang sampai di kampung halamannya. Dan akan membantu pemulihan Wilfrida Soik selama di kampung halamannya,” tandasnya.

Baca Juga:  Panggung Para Penipu di Tanah Kering Kerontong

Wagub NTT berharap ke depan bila ada WNI yang lain yang terjerat hukum juga bisa terbebas dari hukaman mati dan mendapat kebebasan yang sama seperti Wilfrida Soik yang sempat menjalani proses hukum di Negeri Jiran Malaysia.

Sementara Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kemenlu RI, Andy Rachmianto menyampaikan terima kasih kepada pemprov NTT dan atas dukungan doa semua masyarakat NTT dalam upaya Pembebasan atas hukuman mati Wilfrida Soik di Pengadilan Malaysia.

“Terima kasih Bapak Wagub NTT di waktu yang lalu telah berkunjung di Malaysia untuk melihat saudara kita Walfrida Soik.Tentunya Kebebasan ini tidak terlepas dari doa masyarakat NTT dan keluarga,” ujar Andy Rachmianto.

Baca Juga:  Wilfrida Soik Pulang Belu, Pemprov NTT Perhatian Serius

Sekedar tahu upaya diplomasi yang dilakukan terhadap Wilfrida Soik sangat luar biasa. Dilakukan melalui diplomasi perlindungan melalui diplomasi yang dilakukan antar pemerintah, upaya bantuan hukum selama masa persidangan dan bantuan advokasi melalui pemantauan yang dilakukan oleh KPP-PA.

Serta Migrant CARE sebagai NGO yang memberikan perhatian khusus kepada kasus Wilfrida Soik melalui perjalanan advokasi yang panjang terhitung sejak Desember 2010 sampai sidang putusan akhir pada 25 Agustus 2015. (*/Rui)

  • Bagikan
error: Content is protected !!