Ketua PUSKOPCUINA Bangga Peserta Berdandan Adat Saat RAT

  • Bagikan

TimorBerita, Atambua – Ketua Pengurus Pusat Koperasi Credit Union Indonesia (PUSKOPCUINA), Marselus Sunardi merasa bangga dengan peserta Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021 yang hadir menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah.

Hal ini disampaikan Ketua PUSKOPCUINA saat menyampaikan sambutannya dalam acara pembukaan RAT di Ballroom hotel Matahari Atambua, Kamis, 19 Mei 2021.

Pantauan media ini, peserta RAT Puskopcuina yang datang dari 46 CU Primer di Indonesia mengenakan busana adat daerah saat mengikuti RAT. Hal ini sudah menjadi tradisi bagi PUSKOPCUINA setiap kali menggelar RAT.

Baca Juga:  Sidang Komisi II Dilanjutkan, Carlos Sonbay Terpilih Jadi Ketua Komisi

“Kami lakukan ini karena kami merasakan benar Indonesia ini yang beragam, bhineka itu sungguh menjadi kekayaan bersama,” ungkap Ketua Pengurus PUSKOPCUINA dalam sambutannya.

Sunardi memandang keberagaman suku, agama, ras dan budaya merupakan kekayaan yang indah untuk dijaga dan dilestarikan dan terus mengembangkan empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Melanjutkan sambutannya, Sunardi mengungkapkan bahwa PUSKOPCUINA merupakan koperasi sekunder nasional yang telah mendapat penilaian Cukup Sehat dengan skors 78,6.

Baca Juga:  ASN Tersangka Korupsi Diaktifkan Kembali, Ini Kata Pengamat Hukum

“PUSKOPCUINA terus berbenah diri untuk mendapatkan penilaian Sehat walaupun ada beberapa indikator yang dinilai sangat sulit dipenuhi terutama aspek pertumbuhan anggota berlaku sama antara koperasi sekunder dan primer”, ungkapnya.

Menurutnya walaupun bangsa ini diterpa Covid-19, PUSKOPCUINA tetap menjelaskan usaha dengan baik karena modal utama yang ditanamkan CU kepada anggota adalah melalui pemberdayaan.

Menurut data yang ada, Per 31 Desember 2021, Puskopcuina memiliki 533.298 anggota individu dari 45 CU primer yang tersebar di 18 provinsi dengan kantor pelayanan tersebar di 23 provinsi, mulai dari Nias (Sumatra Utara) sampai Merauke (Papua).

Baca Juga:  Berbusana Adat Timor Kardinal Ignatius Suharyo Jadi Liurai Malaka

“Jumlah anggota sebanyak 533.298 orang dengan pertumbuhan anggota 5,24 persen. Anggota Puskopcuina merupakan masyarakat kecil dengan rata-rata simpanan per anggota sebesar Rp 8.811.723. Jumlah aset secara gerakan mencapai Rp 7, 4 triliun lebih dengan pertumbuhan 5,83 persen, jumlah simpanan anggota sebesar Rp 6,5 triliun lebih,” tandasnya.

  • Bagikan