Kim Taolin Minta Restu Leluhur di Sonaf Io Kufeu

  • Bagikan

BETUN,Timorberita.com–Bakal Calon (balon) Bupati Malaka, Louise Lucky Taolin yang akrab dikenal Kim Taolin menggelar ritual adat untuk meminta restu leluhur di Sonaf Io Kufeu Kabupaten Malaka.

Balon Wabup, Louise Lucky Taolin tiba di Sonaf Io Kufeu di Fatuao Desa Tunabesi, Kecamatan Io Kufeu Kabupaten Malaka disambut tokoh adat Sonaf Io Kufeu, Selasa (1/9/2020).

Rupanya tetuah adat rindu menanti kehadiran Kim sebagai sosok pengganti sang ayah almarhum Ludo Taolin.

Baca Juga:  Oknum Pendukung Paslon Ancam Ketua KPU Malaka, Berujung di Polisi

Putera mendiang Pemangku Adat Sonaf Io Kufeu, Pah Bouk Amanas Tuan itu disambut dengan derai airmata. Entah apa alasanya? Seketika situasi menjadi hening di bawah langit biru nan cerah.

Rumah adat Sonaf Io Kufeu berdiri megah seolah menantikan hadirnya putera turunan pemangku adat yang baru saja berpulang.

Kim Taolin yang juga mengemban jabatan Pemangku Adat Sonaf Kusa tampil apa adanya dan sujud mengikuti ritual adat warisan tradisi Sonaf Io Kufeu.

Baca Juga:  Pilih Pemimpin Bersih, SN-KT Bukan Pemimpin Dinasti

Kim Taolin meminta restu para leluhur Sonaf Io Kufeu untuk menghadapi hajatan Pilkada Malaka. Sebagai orang yang berbudaya dan beradat tentu harus menghormati sang leluhur.

“Bapak (almarhum Pah Bouk-Pemangku Adat Sonaf Io Kufeu) selalu berpesan, ada hajatan apa saja, datangi rumah adat untuk minta restu leluhur dan persembahkan doa,” kata Kim Taolin, balon Wabup Malaka yang berpasangan dengan Simon Nahak, balon Bupati di Pilkada Malaka 2020.

Baca Juga:  Kampanye di Laenmanen Warga "Hening" Hormati Dua Tokoh Mantan Wakil Bupati Asal Foho

Selanjutnya, putera almarhum Pah Bouk yang bernama babtis Taolin Ludovikus mengatakan adat istiadat dan agama sebagai warisan perlu dipanuti dan dijunjung karena memiliki nilai dan arti yang menyokong kehidupan masyarakat dan pembangunan. (ans/tim)

  • Bagikan