KPU Buka Ruang Konsultasi, Bawaslu Surati Balon Bupati dan wakil Bupati

  • Bagikan

ATAMBUA, Timorberita.com–Tahapan pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati mulai di buka selama tiga hari. Terhitung 4 sepetember hingga 6 september.

Untuk itu peserta Pilkada diimbau untuk menyiapkan dokumen persyaratan yakni syarat calon dan syarat pencalonan.

Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu, Herlince E. Asa Sabtu (29/8/2020) menjelaskan KPU sudah memulai tahapan persiapan pendaftaran.

Jadwal pengumuman dari 28 Agustus hingga 3 September. Sedangkan pendaftaran dibuka 4 sepetember hingga 6 september.

“Sehingga kita sudah buka center media untuk memudahkan konsultasi. Kita sudah buka setiap hari ,” sebutnya.

Baca Juga:  Agustus Pilkades Serentak TTU, Begini Kesiapan Dinas PMD

Ia berharap dokumen yang dibutuhkan bisa disiapkan lebih awal agar tidak mengalami kesulitan saat pendafataran. Sebab ada dokumen persyaratan yang harus diurus di luar daerah.

Sementara Ketua Bawaslu Belu Andreas Parera menuturkan pihaknya sudah mengimbau partai politik dan gabungan partai politik sebagai pengusung bakal calon untuk memperhatikan  dokumen persyaratan yang dibutuhkan pendaftaran.

“Kita sudah keluarkan surat imbauan untuk partai dan gabungan partai politik. Jadwal pendaftaran hanya dibuka tiga hari sehingga perlu memperhatikan semua kelengkapan dokumen pendaftaran,” ujarnya.

Baca Juga:  Pleno Finish Paket Sahabat Unggul 5 Kecamatan Sehati 7 Kecamatan

Selain itu kata Andreas perlu memperhatikan batasan waktu pendaftaran seperti hari pertama dan hari kedua dibuka pukul 08 hingga pukul 16.00 wita. Sedangkan hari ketiga akan di buka pukul 08 hingga 24.00 wita.

“Biasanya orang lebih memilih hari terakhir. Tanpa melihat   dokumen lengkap atau tidak. Nah ini yang repot. Walau ada masa perbaikan tetapi sebaiknya daftar di hari awal,” pintanya.

Baca Juga:  Vaksin Covid Belu Tersedia, Giliran Lansia Dan Guru

Berikut tahapan pendaftaran penetapan hingga kampanye pasangan calon. Jadwal pengumuman pendaftaran 28 Agustus – 3 September. Pendaftaran 4 – 6 september.

Pengumuman dokumen calon 4 september – 8 september dan verivikasi syarat pencalonan mulai 4 september. Sedangkan verivikasi syarat calon 6 – 12 september. Perbaikan dokumen 14 -16 september.

Penetapan calon 23 september penarikan nomor urut 24 september dan pembukaan kampanye 26 september. (rent/tim)

  • Bagikan
error: Content is protected !!