Kupang Masuk Kota Toleransi Tertinggi Indonesia, Ini Daftar Lengkap

  • Bagikan

TimorBerita, Jakarta- Keberagaman masyarakat Indonesia sangat luar biasa. Berdasarkan data pemerintah, Indonesia memiliki 1.331 kelompok suku dan 652 bahasa daerah yang berbeda.

Keragaman ini membuat bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang toleran. Selain bahasa dan suku, bangsa Indonesia juga memiliki budaya, agama serta keyakinan yang beragam.

Tercatat sejumlah kota di Indonesia dikenal dengan tingkat toleransi tinggi. Salah satunya Kota Kupang di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Berikut list daftar lima kota dengan tingkat toleransi tertinggi di Indonesia, dilansir dari iNews.id:

Baca Juga:  Kampanye di Laenmanen Warga "Hening" Hormati Dua Tokoh Mantan Wakil Bupati Asal Foho
  1. Kupang

Kupang merupakan kota terbesar di kepulauan Timor yang terletak di pesisir Teluk Kupang bagian barat laut Pulau Timor. Pada Indeks Kota Toleransi 2020, Kota Kupang mendapatkan skor 6,037.

Pemerintah Kupang memberikan perhatian penuh terkait upaya pembangunan Kota Kupang menjadi Kota Kasih, yakni rumah persaudaraan bagi semua umat beragama.

Diketahui, penduduk Kota Kupang terdiri atas berbagai suku yang mayoritas berasal dari Suku Timor, Rote, Flores, Sabu, Sumba, Alor dan etnis Tionghoa. Tak sedikit juga orang Jawa dan Bali yang memilih tinggal di Kota ini.

Baca Juga:  Staf Lapor Bupati, Malaka Belum Ada RPH dan Gudang Cadangan Pangan
  1. Salatiga

Salatiga merupakan kota kecil di provinsi Jawa Tengah yang mempunyai luas wilayah kurang lebih 54,98 km persegi.

Berpenduduk sekitar 196.082 jiwa, kota ini dinobatkan sebagai kota yang memiliki toleransi tinggi.

Setara Institute memberikan skor Indeks Kota Toleransi (IKT) 2020 sebesar 6,717. Sebelumnya, pada tahun 2015, 2016, dan 2018 Setara Institute juga menempatkan Salatiga di posisi 10 besar kota paling toleran di Indonesia.

  1. Singkawang

Terletak di Provinsi Kalimantan Barat atau tepatnya 145 km di sebelah utara Kota Pontianak, Singkawang menempati posisi kedua sebagai kota paling toleran. Berdasarkan IKT 2020 yang dikeluarkan Setara Institute, Singkawang memperoleh skor 6,450. Posisi ini turun dari peringkat IKT 2018 yang menempati posisi pertama.

Baca Juga:  Tekan Penyelundupan, Tim Gabungan Bea Cukai Atambua Gelar Operasi

Masyarakat Kota Singkawang dikenal dengan masyarakat multietnis. Etnis terbesar yang ada di Kota Singkawang adalah etnis Tionghoa, Dayak, dan Melayu.

Selain itu, Singkawang juga memiliki penduduk dari berbagai suku dan etnis seperti Jawa, Sumatera, Madura, Ambon, dan Sulawesi.

  • Bagikan