Lagi, Imigrasi Atambua Deportasi 352 Warga Timor Leste

  • Bagikan

TimorBerita. Atambua || Pihak otoritas negara Indonesia kembali mendeportasi 352 warga negara asing asal Timor Leste.

Ratusan warga negara tetangga ini dideportasi pihak Imigrasi Atambua, melalui pos lintas batas negara (PLBN) Motaain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur pada Kamis (19/8/2021) siang.

Warga pelintas ilegal diangkut dari Kodim 1605 Belu menuju PLBN Motaain menggunakan 12 unit truk milik TNI, Polri dan truk umum.

Kehadiran warga Timor Leste di Indonesia untuk pengesahan perguruan silat PSHT.

Baca Juga:  TTU, Banyak Mantan Kades Bakal Gagal Maju pada Pilkades

Kepala Imigrasi Atambua K. A Halim mengatakan 352 warga Timor Leste dideportasi siang tadi sekira pukul 13. 00 WITA. Deportasi berjalan lancar, aman atas kerja sama Tim Imigrasi. Serta koordinasi yang baik dari Pemda Belu, Kapolres, Dandim 1605 Belu.

” Setelah kita kordinasi semua pihak warga asing ini dipulangkan melalui PLBN Motaain dan mereka dijemput pemerintah Timor Leste di PLBN,” tandasnya.

Halim menuturkan pelaksanaan kegiatan ini merupakan hasil dari laporan sebelumnya terkait pendataan WNA asal Timor Leste yang menyerahkan diri di Kodim 1605 Belu. Sesuai keterangan warga Timor Leste melintas ke Indonesia untuk pengesahan sabuk PSHT.

Baca Juga:  Petugas Pos Covid Motadik Mengeluh Tidak Ada Biaya Makan

Hadir jalannya deportasi, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua, Atase Imigrasi Timor Leste, Kapolres Belu, Dandim 1605 Belu, Dubes RI untuk RDTL, Kepala BNPP PLBN Motaain, Koordinator Bea Cukai PLBN Motaain dan Camat Tasifeto Timur mewakili Pemerintah Indonesia.

Sedangkan pihak pemerintah Timor Leste hadir Konsulat Timor Leste untuk Indonesia, Polisi Perbatasan Timor Leste (UPF), Imigrasi Timor Leste dan pihak FDTL.

Baca Juga:  Lintasi Jalan Tikus, Polisi Amankan 14 WNA Timor Leste

Cuma tahu, pada Senin 9 Agustus 2021 sekira pukul 21:00 Wita malam Tim gabungan Polres Belu mengamankan 113 orang WNA Timor Leste di Kelurahan Fatubenao, Kecamatan Kota Atambua.

Setelah diamankan semuanya langsung digiring ke Mapolres Belu. Keesokannya Selasa (10/8) ratusan warga Timor Leste diserahkan lanjut ke pihak Imigrasi Atambua dan hari itu juga mereka dideportasi melalui pintu PLBN Motaain. ( Ren/Bell)

  • Bagikan
error: Content is protected !!