Lomba Masak Ikan Serba Menu di Lembata, Atadei Juara I Wulondoni II

  • Bagikan

Timorberita. Lewoleba –Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lembata menggelar kegiatan lomba masak ikan serba menu tingkat kabupaten.

Kegiatan rutin tahunan berlangsung di Aula Koperasi Angkara Lamahora, Lembata Senin (19/10/2020).

Hasilnya Tim PKK Kecamatan Atadei Keluar sebagai juara 1, jenis menu black forest ikan. Dan Juara II diraih Tim PKK Kecamatan Wulandoni dengan menu gule ikan karapu.

Kepala Seksi Bidang Pengolahan Ikan pada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lembata, Amandus Balawala menuturkan kegiatan perlombaan ini untuk memacu kreativitas Tim PKK Se-Kecamatan Kabupaten Lembata. Lomba Gemar makan ikan merupakan kegiatan tahunan.
“Kegiatan ini adalah program nasional yang diimplementasikan dalam kegiatan lomba masak olahan ikan,” jelasnya.

Menurut Amandus tujuan kegiatan ini sebagai sarana promosi untuk memperkenalkan produk olahan perikanan, juga untuk menciptakan produk baru unggulan di Kabupaten lembata sehingga bisa bersaing dengan daerah lain. Sekaligus mendorong masyarakat untuk berminat mengkonsumsi ikan.

Lanjut Amnadus bahan pangan pengolohan ini berasal dari ikan yang memiliki protein dan nilai gizi yang tinggi. Tentunya menjadi solusi untuk mencegah stunting.

Peserta lomba diikuti kaum para ibu sebagai tim penggerak PKK Kecamatan, dengan harapan bisa mensosialisasikan gemar makan ikan yang harus memulai dari keluarga.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lembata, melalui Sekretaris Maria Katrina Nanek mengatakan, sektor kelautan dan perikan mempunyai peran penting dalam meningkatkan ketahanan pangan dan gisi.

“Pangan dan gizi keduanya saling terkait. Kekurangan gisi menyebabkan stunting. Bayi lahir pendek, berat badan tidak seimbang,” ujarnya.

Untuk itu lanjut Maria, ikan sebagai sumber pangan yang bergizi dan mudah dijangkau semua masyarakat. Dan mudah diproduksi baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya. Sehingga pemerintah mencangkan gerakan masyarkat makan (Gemar) ikan yang dilaksankan rutin dengan melibatkan semua komponen masyarakat.

Ia menambahkan melalui program gemar ikan membuat generasi menjadi kuat,sehat dan cerdas. Sehingga masyarakat perlu di pacu untuk tahu melalui lomba masak serba ikan dan kampanye gemar makan ikan.

“Kita terus dorong program ini. Lomba masak serba ikan tahun ini, semua menunya berbahan ikan tuna dan Kerapu. Ada menu keluarga, menu kudapan dan menu balita,” ujarnya.

Sementara Ibu Linden Blolon, peserta Tim PKK Kecamatan Nubatukan mengaku bangga dan senang. Baginya juara tidak menjadi ukuran tetapi partisipasi menjadi utama. Karena melalui kegiatan ini bisa memotivasi masyarakat khususnya kaum ibu untuk kreatif mengelola menu ikan.
“Lomba ini memotivasi kita agar bisa tahu masak beragam menu ikan. Konsumsi pangan dan menu yang sehat tentu membuat anak cerdas dan sehat,”sebutnya.

Ia berharap kegiatan berlanjut hhingga tingkat desa kelurahan. Sehingga membuat ibu rumah tangga bisa pandai mengolah ikan dan menu lainnya. Perlu juga libatkan karang taruna di desa dan pelajar SMP dan SMA sehingga bisa memiliki pengetahuan ketrampilan seperti ini. (senab)

  • Bagikan