Melki Laka Lena Ajak Milineal TTU Dukung Pemerintah Tekan Stunting

  • Bagikan

TimorBerita. Kefamenanu – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Laka Lena mengajak kaum milineal untuk mendukung pemerintah menekan stunting.

Masalah stunting menjadi tanggung jawab bersama untuk mengatasinya. Pemuda memiliki potensi yang luar biasa.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Laka Lena saat membawa materi dalam kegiatan Sosialisasi Penguatan Pendataan Keluarga dan Kelompok Sasaran Program Bangga Kencana Bersama Mitra yang dilaksanakan BKKBN Provinsi NTT, yang bertempat di Aula Student Center Universitas Negeri Timor, Sabtu 30 Oktober 2021.

Baca Juga:  Tekan Kecelakaan Satlantas Polres Belu Sosialisasi Keliling Sekolah

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI menjelaskan bahwa program Bangga Kencana adalah upaya Pemerintah meningkatkan kualitas keluarga di Indonesia, lewat kampanye/penyuluhan perencanaan berkeluarga, seperti rencana punya anak, pendidikan dan sebagainya.

Menurut Melki ada tiga fokus utama dalam program Pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga kencana).

Pengelolaan bonus demografi, pengelolaan penduduk lanjut usia (Lansia), dan pembangunan SDM dengan pendekatan siklus hidup berbasis perencanaan hidup berkeluarga merupakan fokus utama dalam program ini.

Lebih lanjut Melki juga mengatakan bahwa Stunting merupakan elemen kunci dalam mewujudkan keberhasilan program Bangga Kencana BKKBN.

Baca Juga:  Pastikan Waisak Aman, Kapolres Belu Datangi Wihara

“Cara mewujudkan keluarga yang berkualitas tidak saja dengan program dua anak cukup. Termasuk mencarikan solusi untuk menangani kasus stunting atau gizi buruk pada anak-anak guna menciptakan generasi Indonesia yang unggul, berdaya saing dan berkualitas,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa dampak covid-19 bagi pencegahan stunting itu berupa pembatasan aktivitas publik, kenaikan harga komoditas, kehilangan pekerjaan dan pendapatan, realokasi dan pemotongan anggaran.

” Untuk itu dukungan dari masyarakat, khususnya kaum milenial sangat penting untuk menurunkan stunting,” ujarnya.

Baca Juga:  Kasus ADD Taebone Kerugian Capai Rp 600 Juta, Tersangka Sudah Ada

Sekedar tahu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Nusa Tenggara Timur bekerja sama dengan Komisi IX DPR RI untuk menggelar sosialisasi Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Kegiatan mengusung tema “Penguatan Pendataan Keluarga dan Sasaran Program Bangga Kencana Bersama Mitra,”

Peserta sosialiasi terdiri dari mahasiswa dan para kader yang berjumlah 210 orang.

Hadir sebagai narasumber Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena, Rektor Unimor Stefanus Sio, dan Kepala BKKBN Perwakilan NTT, Marianus Mau Kuru. (Rey/Azka)

  • Bagikan
error: Content is protected !!