Nasib Mantan Walikota Kupang Ditentukan Besok, Ketua Tipikor Bilang Begini

  • Bagikan

TimorBerita. Kupang – Nasib Mantan Walikota Kupang, Jonas Salean akan ditentukan besok Selasa (17/11/2020).

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang bakal menjatuhkan vonis atas eksepsi dari terdakwa Jonas Salean melalui kuasa hukumnya, Yanto Ekon.

Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Kelas IA Kupang, Dju Jhonson Mira Mangngi, kepada wartawan, Senin (16/11/2020) mengatakan bahwa putusan sela atas eksepsi dari Jonas Salean akan dibacakan besok, Selasa 17 November 2020.

” Besok Selasa akan dibacakan putusan sela terhadap eksepsi dari terdakwa Jonas Salean melalui kuasa hukumnya,” sebut Mantan Ketua Pengadilan Negeri Kefamenanu.

Baca Juga:  Kasus ADD Taebone Kerugian Capai Rp 600 Juta, Tersangka Sudah Ada

Jhonson menegaskan bahwa soal hasil putusan sela itu merupakan rahasia dari majelis hakim yang memimpin jalannya persidangan kasus tersebut. Putusan sela, itu kewenangan majelis hakim.

“Itu menjadi rahasia dari majelis hakim yang menyidangkan perkara tersebut. Besok baru bisa diketahui saat dibacakan,” ujar Jhonson.

Sementara kuasa hukum Jonas Salean, Yanto MP. Ekon, saat dihubungi melalui hand phone selulernya mengaku bahwa selaku kuasa hukum menyerahkan semua putusan itu pada majelis hakim.

Baca Juga:  Sang Maestro Organis Gereja Sta Theresia Kefamenanu Telah Berpulang

Menurut Yanto, jika dikabulkan pihaknya tetap bersyukur dan siap melanjutkan dengan gugatan perdata pada Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Kupang.

Sebaliknya lanjut Yanto jika ditolak maka pihaknya tetap bersyukur. Dan, selaku kuasa hukum akan berupaya semaksimal mungkin untuk membuktikan perbuatan Jonas Salean bukanlah korupsi.

” Kami serahkan ke majelis hakim. Kami akan berupaya untuk membuktikan dalam persidangan jika perbuatan Jonas Salean bukanlah korupsi. Jaksa juga harus membuktikan dakwaannya dalam persidangan nanti,” ujar Yanto.

Baca Juga:  Eksepsi Jonas Salean di Tolak, Pekan Depan Pemeriksaan Saksi

Sekedar tahu, mantan Walikota Kupang, Jonas Salean merupakan terdakwa dalam kasus dugaan korupsi bagi – bagi tanah Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang tahun 2016 – 2017 lalu dengan nilai kerugian sebesar Rp 66 miliar. (RL/ Gio)

  • Bagikan
error: Content is protected !!