Panenan Kacang Tanah Meningkat , Ini Saran Bupati TTU

  • Bagikan

TimorBerita. Kefamenanu || Penanaman kacang tanah di lahan kering mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan pendapatan petani secara signifikan.

Bupati TTU, Juandi David menyampaikan peluang usahatani tersebut pada acara peletakan batu pertama pembangunan unit pengolahan kacang tanah Kelompok Tani Kol Abton Desa Fafinesu A, Kecamatan Insana Fafinensu Rabu (28/4).

Menurut Mantan Kadis Pertanian TTU ini, kebutuhan pasar akan komoditi kacah tanah cukup tinggi dan mengalami peningkatan baik dari dalam dan luar daerah.

Bupati TTU menjelaskan, peluang agribisnis kacang tanah ini amat cerah. Bahkan berpotensi ekspor.

Baca Juga:  Lintasi Jalan Tikus, Polisi Amankan 14 WNA Timor Leste

Apalagi kacang tanah jenis Lurik yang dibudidayakan di Fafinesu sangat kualitasnya memenuhi syarat untuk ekport.


“Untuk itu, kita perlu berbangga bahwa kacang tanah jenis lurik di Kecamatan Insana Fafinesu memenuhi syarat ekspor mancanegara,” ungkapnya.

Lebih jauh Bupati TTU mengatakan, harga kacang tanah di pasar lokal lebih tinggi dibandingkan dengan harga komoditi pangan dan palawija lainnya. Misalnya, jagung pipilan berada di kisaran Rp 3.000 sampai dengan Rp 4.000/kg.

Baca Juga:  Tim Pemenang SBS - DA Sasitamean Balik Haluan SN - KT Menang Telak

Sedangkan kacang tanah kulit menembus harga Rp 60.000 hingga Rp 80.000/kg. Perbandingan harga yang signifikan ini, tentunya kata mantan Kadis PPO TTU ini, memberikan gambaran yang nyata bahwa komoditi kacang tanah menjadi salah satu produksi ysng dapat andalakan di sektor pertanian.

Selain itu kepada para petani untuk tidak menjual hasil panenannya kepada para pedagang tengkulak dengan harga miring yang sangat merugikan tetapi harus dijual ke tempat pengolahan kacang tanah yang telah dibangun.

Baca Juga:  Tujuh Tahun Klaim Tanah Ulayat, Begini Saran DPRD Belu

Kesempatan itu juga Bupati TTUmemberi apresiasi yang tinggi kepada Dinas Pertanian dan seluruh mitra kerjanya yang telah mewujud nyatakan kepedulian terhadap petani di Kabupaten TTU. Dengan adanya pembangunan Unit Pengolaan Kacang Tanah di Desa Fafinesu.

Untuk itu Bupati Juandi mengharapkan agar dengan kehadiran unit pengolahan ini, kelak dapat berfungsi semaksimal mungkin, menampung dan mengolah seluruh kacang tanah yang dihasilkan oleh para petani di Kabupaten TTU. (Kend)

  • Bagikan
error: Content is protected !!