Panwascam Botin Leobele Awasi Ketat ASN “Nakal”

  • Bagikan

BETUN,Timorberita.com – Setelah proses penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Malaka. Lembaga pengawas pemilihan tentunya melakukan pengawasan melekat, terutama di tahapan kampanye.

“Salah satu potensi pelanggaran pilkada adalah keterlibatan aparatur sipil Negara. Sehingga kami akan awasi lebih ketat,” tegas Ketua pengawas Kecamatan (Panwascam) Botin Leobele, Silminggus Desilmus Bau,S.pd, Kamis (24/9/2020).

Ia menuturkan ASN, TNI-Polri, Kepala Desa, Perangkat Desa, BUMD, dan unsur lainnya dilarang untuk terlibat politik praktis. Menggerakan massa, mengajak pemilih, bahkan pelanggaran bisa terjadi melalui media sosial. Potensi pelanggaran perlu dikawal serius.

Baca Juga:  Calon Bupati Malaka Imbau Jaga Kesejukan Jangan Terprofokasi

“Biasanya like, memposting foto calon kepala daerah, sebaiknya tidak usah lakukan. Kita akan awasi ,” sebutnya.

Menurut Silminggus lembaga pengawas sudah mengimbau masyarakat sebagai pengawas partisipatif untuk membantu menginformasikan jika ada temuan pelanggaran Pilkada.

Sebab dua paket tentunya sangat berpotensi pelanggaran.
“Kami ajak masyarakat kalau ada pelangaran laporkan kepada pengawas.  Kami koordinasikan dengan Bawaslu Kabupaten,”ungkap Silminggus di amini rekan anggota panwascam.

Baca Juga:  Rumah Jabatan Bupati di Tempati Calon Incumbent, Pjs Bupati Tinggal di Hotel

Ia menegaskan pihaknya tidak akan segan segan memproses siapa saja yang terbukti melakukan pelanggaran. Bila ada temuan atau laporan yang hasilnya memenuhi syarat formil dan materil tentunya akan tindaklanjuti.

Silminggus mengimbau agar lembaga yang disebutkan tadi untuk menjaga netralitasnya. Sebab sudah ada penetapan paslon sehingga konsekuensi hukumnya bisa administrasi dan pidana.

Baca Juga:  Bawaslu Minta Batalkan Instruksi ASN Pantau TPS, Begini Jawaban Pemda Malaka

“Kita harap semua kita wajib taati aturan Pilkada. Paslon, tim sukses dan masyarakat mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan kampanye tatap muka,”pints Mus salaam akrab Silminggus. (Joka)

  • Bagikan
error: Content is protected !!