Panwascam Malaka Timur Rekrut Pengawas TPS Pilkada

  • Bagikan

BETUN,Timorberita.com– Panitia Pengawas Kecamatan Malaka Timur, membuka pendaftaran calon pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kehadiran Pengawas TPS untuk menyukseskan agenda pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malaka 9 Desember 2020.

Ketua Pokja Pembentukan Pengawas TPS Kecamatan Malaka Timur David Taena Ximenes,S.TP Sabtu (3/10/2020) mengatakan rekrutmen dibuka 3 Oktober – 15 Oktober 2020. Tempat pendaftaran di Sekretariat Panita Pengawas Kecamatan (Panwascam) Malaka Timur.

“Berdasarkan sebaran TPS di 6 Desa dibutuhkan 21 Pengawas TPS. Pengawas yang dibutuhkan disesuaikan jumlah TPS di Kecamatan Malaka Timur,”tandas David, Alumni Itakanrai Kupang.

Baca Juga:  Panwascam Botin Leobele Awasi Ketat ASN "Nakal"

Ia menambahkan masyarakat di wilayah Kecamatan Malaka Timur, yang berminat untuk berpartisipasi menjadi pengawas pemilu pada tingkat TPS.

Dengan melengkapi syarat yang berlaku. Salah satu syaratnya calon Pengawas tidak berpartai politik. Calon Pengawas lebih diutamakan berasal dari kelurahan atau desa setempat.

Silahkan mendaftar ada persyaratan yang harus dipenuhi. Peserta terbuka untuk semua masyarakat Malaka Timur untuk menjadi pengawas TPS,” jelas David Divisi Sumber Daya Manusia Anggota Panwascam Malaka Timur.

Baca Juga:  Pengawas TPS Kota Atambua, Diingatkan Jaga Netralitas

Menurut David, Pengawas TPS yang direkrut mengikuti tahapan seleksi untuk memilih satu orang pengawas untuk setia TPS. Tentunya kehadiran Pengawas TPS merupakan garda terdepan demokrasi.

“Integritas pengawas sangat menentukan kualitas proses pilkada Malaka,” tandasnya.

David merincikan jadwal pendaftaran Pengawas TPS, pengumuman pendaftaran sejak 30 September – 2 oktober. Pendaftaran dan perimaan berkas administrasi dimulai 3 Oktober – 15 oktober. Dan pengumuman pengawas terpilih 11 November 2020.

Baca Juga:  DPD Partai Hanura NTT Gelar Rapimda dan Rakerda

Formulir berkas administrasi calon anggota Pengawas TPS dan keterangan lebih lanjut dapat diperoleh dari Sekretariat Panwas Kecamatan atau laman Bawaslu Kabupaten/Kota atau laman Bawaslu Provinsi, atau sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota.(Joka)

  • Bagikan